Tahap Awal, Pemkot Depok Bakal Vaksinasi 200 Warga

Walikota Depok Mohammad Idris seusai meninjau persiapan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di RSUI Depok/ dok: Boy Rivalino

MONITOR, Depok – Wali Kota Depok Mohammad Idris menyatakan, pelaksanaan vaksinasi virus Corona atau Covid-19 akan dimulai pada Kamis, 14 Januari 2021. Vaksinasi diberikan kepada tenaga kesehatan (nakes) dan penerima prioritas lainnya.

Disebutkan Idris, tahap awal vaksinasi akan diberikan kepada 200-an warga Depok. Diantaranya para tenaga kesehatan (nakes) dan sejumlah komunitas.

“Untuk lounching besok (14/01), ada sekitar 200-an orang, dari nakes, dan juga dari komunitas,” kata Idris seusai meninjau persiapan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di RSUI Depok, Selasa (12/01).

Dijelaskan Idris, nantinya dalam pelaksanaan vaksinasi, calon penerima vaksin akan menjalani beberapa tahapan pemeriksaan. Sebelumnya, akan dilakukan pengecekan suhu badan, lalu menjalani skrining dengan 16 pertanyaan.

Setelah lolos skrining, lanjut Idris, akan dilakukan pemberian vaksin. Kemudian, penerima vaksin diarahkan ke tempat observasi.

“Setelah pemberian vaksin akan dilakukan observasi selama 30 menit, jika tidak timbul efek samping dari vaksin tersebut maka penerima diizinkan untuk kembali pulang,” jelasnya.

Selanjutnya, sambung Idris, salah satu syarat pemberian vaksinasi Covid-19 yaitu belum pernah terkonfirmasi positif. Jika calon penerima vaksin sudah pernah terkonfirmasi positif Covid-19 maka tidak diperbolehkan mendapatkan vaksin tersebut.

“Sesuai aturan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang sudah terkonfirmasi Covid-19 tidak diberikan vaksin,” pungkasnya.