Sabtu, 20 April, 2024

Munas ke-X MUI Tetapkan KH Miftachul Akhyar sebagai Ketua Umum 2020-2025

MONITOR, Jakarta – Musyawarah Nasional (Munas) ke-X Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah menetapkan KH Miftachul Akhyar, Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, sebagai Ketua Umum MUI periode 2020-2025, Kamis (26/11).

Dengan demikian, KH Miftakhul Akhyar akan menggantikan posisi Prof KH Ma’ruf Amin yang sebelumnya nonaktif sejak menjabat sebagai Wakil Presiden RI periode 2019-2024.

Sementara itu, di posisi Sekretaris Jenderal ditempati Dr Amirsyah Tambunan, perwakilan dari Muhammadiyah. Sedangkan Ketua Dewan Pertimbangan, Prof KH Ma’ruf Amin.

Munas ke-X juga menetapkan sejumlah nama untuk menduduki posisi wakil ketua umum diantaranya Buya Anwar Abbas, KH Marsyudi Suhud, dan Buya Basri Bermanda. Pemilihan tersebut melalui rapat tertutup 17 tim formatur dengan mengikuti protokol kesehatan dan menjalani rapid test.

- Advertisement -

“Suasananya sangat cair, tidak alot, sehingga alhamdulillah pertemuan hasilkan keputusan Dewan Pengurus Harian dan Dewan Pertimbangan. Hasilnya tidak boleh diganggu gugat,” ujar Ma’ruf, di arena Munas X MUI, Jakarta, Jumat (27/11).

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER