Jokowi: Indonesia Tak Mau Ketinggalan Temukan Inovasi Vaksin

Presiden RI Joko Widodo

MONITOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo mengatakan bangsa Indonesia tak mau ketinggalan dalam menelurkan inovasi terutama di sektor kesehatan. Buktinya, kata Jokowi, sudah ditemukan inovasi vaksin Merah Putih hingga GeNose, atau perangkat yang bisa mendeteksi virus dengan mudah dan cepat melalui tiupan dari mulut.

“Selama berbulan-bulan dalam pandemi, kita melihat banyak negara berlomba menjadi yang terdepan, tercepat, dan terunggul melalui inovasi di berbagai bidang,” kata Jokowi dalam keterangan persnya, Selasa (10/11).

“Indonesia tentu tak mau tertinggal dengan turut melahirkan berbagai inovasi di bidang kesehatan,” tegasnya.

Selain itu, ia mengungkapkan berbagai komunitas peneliti terus bekerja untuk menemukan obat dan terapi yang efektif bagi pengobatan Covid-19. Semua itu, kata Jokowi, menunjukkan bahwa bangsa Indonesia tak berkekurangan talenta hebat yang siap berkarya untuk kemandirian dan keunggulan bangsa.

“Saya berharap, karya-karya para inovator ini tak berhenti pada tahap purwarupa saja, tapi dapat berlanjut ke produksi massal, dan bahkan investasi komersial. Dengan begitu, beragam inovasi tersebut tak hanya memberi solusi bagi masalah-masalah di masyarakat, tapi juga memberi nilai tambah bagi perekonomian nasional,” imbuhnya.