Kodam Kasuari Berangkatkan Siswa Caba PK Otsus OAP Pria ke Rindam di Jawa

Mereka akan dididik di di sejumlah Rindam, seperti Rindam III/Siliwangi dan Rindam IV/Diponegoro.

Kodam XVIII/Kasuari memberangkatkan secara bertahap Siswa Pendidikan Bintara PK Otsus OAP Pria Kodam XVIII/Kasuari 2020 melalui Bandara Rendani, Manokwari, Papua Barat, sejak Sabtu (31/10/2020). (Pendam XVIII/Kasuari)

MONITOR, Manokwari – Setelah menggelar tahapan tes yang cukup panjang, akhirnya Kodam XVIII/Kasuari telah memberangkatkan secara bertahap Siswa Pendidikan Bintara PK Otonomi Khusus (Otsus) Orang Asli Papua (OAP) Pria 2020 melalui Bandara Rendani, Manokwari, Papua Barat, sejak Sabtu (31/10/2020).

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVIII/Kasuari, Kolonel Kav Zubaedi, mengungkapkan bahwa pengumuman kelulusan para Siswa Pendidikan Bintara PK Otsus OAP Pria Kodam XVIII/Kasuari 2020 sendiri dilaksanakan di Badan Diklat Provinsi Papua Barat, Anday, Manokwari Selatan, Kabupaten Manokwari.

“Seluruh tahapan tes peserta seleksi telah dilaksanakan, mulai dari tes pemeriksaan administrasi, kesehatan, jasmani, mental ideologi, psikologi sampai dengan pelaksanaan sidang tingkat pusat di Makodam XVIII/Kasuari dan hasilnya 960 peserta dinyatakan lulus,” ungkapnya dalam keterangan tertulis yang diterima MONITOR, Jakarta, Senin (2/11/2020).

Zubaedi menjelaskan, peserta seleksi calon Prajurit TNI AD level kepangkatan setingkat Bintara yang dinyatakan lulus selanjutnya diberangkatkan ke berbagai satuan pendidikan TNI AD, yakni Resimen Induk Kodam (Rindam) yang ada di Jawa untuk mengikuti pendidikan pembentukan Siswa Dikmaba Otsus OAP Pria Kodam XVIII/Kasuari 2020.

“Mereka akan dididik di Rindam III/Siliwangi (Bandung), Rindam IV/Diponegoro (Magelang), Rindam V/Brawijaya (Jember) dan Rindam Jaya (Jakarta),” ujarnya.

“Sejak kemarin dan hari ini, para calon siswa Dikmaba Otsus OAP Pria Kodam XVIII/Kasuari telah diberangkatkan dengan menggunakan pesawat komersial menuju ke Yogyakarta (Sabtu, 31/10/2020) dan ke Surabaya (Minggu, 1/11/2020). Adapun Senin (2/11/2020) akan diberangkatkan menuju ke Jakarta dan Bandung,” kata Zubaedi menambahkan.