KPK ‘Belanja’ Masalah ke Kodam Kasuari

“Kita melaksanakan koordinasi dengan bapak Pangdam”

Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, bersama Direktur 5 KPK Budi Waluya di Makodam XVIII/Kasuari, Papua Barat, Senin (22/2/2021). (Pendam XVIII/Kasuari)

MONITOR, Manokwari – Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, menerima kunjungan kerja tujuh orang personel Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dipimpin Direktur Koordinasi dan Supervisi 5 KPK Budi Waluya.

Budi mengungkapkan bahwa maksud dan tujuannya menemui Pangdam Kasuari adalah bersilaturahmi sekaligus berkoordinasi tentang berbagai hal menyangkut tugas KPK di wilayah Papua Barat, karena Papua Barat salah satu dari lima wilayah yang menjadi tanggung jawabnya.

Empat wilayah lainnya adalah Papua, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur dan Bali.

“Tugas koordinasi ini tentunya harus bersinergi dengan berbagai lembaga atau pihak, salah satunya adalah Kodam XVIII/Kasuari. Mengapa ke Kodam?, karena Papua Barat ini merupakan wilayah bapak Pangdam XVIII/Kasuari, sehingga kita melaksanakan koordinasi dengan bapak Pangdam,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Jakarta, Selasa (23/2/2021).

Dalam pertemuannya dengan Pangdam Kasuari, Budi mengaku, pihaknya membicarakan sejumlah permasalahan yang menyangkut tugas pokok dan fungsi KPK.

“Adapun hal-hal yang dibicarakan, khususnya terkait dengan kita belanja masalah. Kita ingin tahu bagaimana situasi dari Papua Barat berikut permasalahannya seperti apa, karena Bapak Pangdam mungkin yang lebih paham,” ujarnya.

Jadi selain bersilaturahmi, Budi mengatakan, pihaknya juga melakukan supervisi kepada aparat penegak hukum yang ada di Papua Barat, salah satunya Kodam Kasuari.

“Jadi penanganan perkara yang dilakukan oleh aparat penegak hukum akan kami lakukan juga supervisi serta koordinasi. Hal ini merupakan salah satu upaya kita untuk menjalin sinergitas dengan berbagai lembaga, salah satunya Kodam XVIII/Kasuari,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, menyampaikan ungkapan terima kasih dan rasa gembiranya atas kunjungan kerja dari KPK tersebut.

“Saya selaku Pangdam XVIII/Kasuari sangat senang, gembira dan berterimakasih. Pertama, karena dari KPK berkenan untuk bersilaturahmi ke Kodam guna mengenal lebih banyak hal lagi tentang masyarakat Papua Barat. Kedua, Kodam XVIII/Kasuari siap untuk mendukung kegiatan program KPK dalam rangka penegakan hukum di wilayah Papua Barat,” ungkapnya.

Sekadar informasi, dalam pertemuan tersebut Pangdam Kasuari didampingi Irdam Brigjen TNI Steve C. Parengkuan dan Asrendam Kolonel Inf Pinsensius Manik.