Gelar Operasi Zebra, Kakorlantas Komitmen Kedepankan Tindakan Humanis

Ilustrasi operasi zebra/ dok: net

MONITOR, Jakarta – Aparat kepolisian tetap akan menggelar Operasi Zebra tahun 2020, meskipun masih dalam suasana pandemi Covid-19. Rencananya, Operasi Zebra akan dilaksanakan mulai 26-6 November mendatang.

Kakorlantas Polri, Irjen Istiono, mengatakan kegiatan Operasi Zebra digelar untuk meningkatkan ketertiban lalu lintas masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Adapun sasaran operasi adalah pelanggaran lalu lintas yang berpotensi menyebabkan kecelakaan dan pelanggaran lainnya.

“Pak Kapolri memerintahkan agar dalam pelaksanaan Operasi Zebra ditengah pandemi ini lebih mengedepankan tindakan persuasif dan humanis. Disinilah perlunya masing-masing Ditlantas di wilayah menyusun strategi cara bertindak dilakukan sesuai karakteristik daerahnya,” ujar Istiono kepada awak media, Jumat, (23/10).

Istiono menjelaskan, kegiatan Operasi Zebra kali ini adalah operasi kemanusiaan, sehingga sasarannya tidak hanya pelanggaran lalu lintas, tetapi juga para pengendara kendaraan bermotor yang tidak mematuhi protokol kesehatan Covid-19, diantaranya dalam hal penggunaan masker dan jaga jarak.