Ini Rencana Sudin SDA Jakpus Cegah Genangan Air di Karet Bivak

“Biar Pak Kasudin saja nanti yang jelaskan”

PPSU Pemprov DKI Jakarta membersihkan sampah dan genangan air di musim hujan

MONITOR, Jakarta – Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Pusat (Sudin SDA Jakpus) berencana akan membuat pintu air untuk mencegah terjadinya genangan di depan TPU Karet Bivak, Tanah Abang.

Kepala Seksi Pemeliharaan Sudin SDA Jakpus, Glen Santista, mengungkapkan bahwa pihaknya akan segera mengusulkan hal tersebut kepada pimpinan di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Melihat kondisi tadi, kita mau usulkan untuk membuat pintu air. Karena saat ini sistemnya hanya ada Saluran Penghubung Penjernihan I,” ungkapnya kepada wartawan saat melakukan pemantauan saluran air penghubung di Jl Penjernihan 1, Jakpus, Selasa (22/9/2020).

Meski demikian, menurut Glen, penjelasan lebih lanjut terkait teknis rencana pembuatan pintu air di Penjernihan I itu harus ditanyakan kepada Kepala Sudin SDA Jakpus.

“Kalau usulan pintu air mungkin baru bisa direalisasikan tahun depan. Biar Pak Kasudin saja nanti yang jelaskan,” ujarnya.

Untuk solusi jangka pendek, Glen mengatakan, nantinya selain menyiagakan personel satuan tugas (satgas), pihaknya juga akan membuat bendungan di saluran penghubung Penjernihan I.

“Nanti kita buat bendungan pakai karung pasir. Nanti airnya kita sedot pakai pompa air mobile jadi tidak terjadi genangan,” katanya.

Sekadar informasi, Sudin Bina Marga Jakpus bersama Sudin SDA Jakpus telah melakukan pengecekan kondisi saluran air dengan membongkar beberapa bagian trotoar di dekat TPU Karet Bivak akibat sempat terjadi genangan air pada Senin (21/9/2020) malam kemarin.