Sabtu, 22 Juni, 2024

Tetra Pak Resmi Perkenalkan Solusi Pabrik Berkelanjutan Kurangi Konsumsi Energi dan Air         

MONITOR, Jakarta – Tetra Pak, perusahaan pengemasan dan pemrosesan makanan dan minuman terkemuka di dunia, hari ini (03/06) secara resmi memperkenalkan “Solusi Pabrik yang Berkelanjutan”, yang merupakan sebuah pendekatan secara menyeluruh untuk penggunaan energi, air, dan cleaning-in-place (CIP) atau pembersihan yang lebih efisien.

Sebagai solusi dalam portofolio berkelanjutan Tetra Pak, “Solusi Pabrik yang Berkelanjutan” menawarkan penggunaan perpaduan antara teknologi terkini serta kemampuan integrasi pabrik yang telah disesuaikan. Pendekatan tersebut bisa membantu produsen makanan dan minuman dalam pengoptimalan energi dan sumber daya, sebagai langkah penting dalam membantu mencapai target keberlanjutan serta mengurangi biaya operasional.

Data menunjukkan, perusahaan makanan dan minuman selama ini memiliki ketergantungan terhadap bahan bakar fosil termasuk penggunaan energi yang besar.

Hal tersebut membuat perusahaan mendapat tekanan untuk terus mengoptimalkan sumber daya maupun meningkatkan produksi energi dari sumber terbarukan. Hal ini terjadi di tengah meningkatnya biaya operasional, termasuk biaya bahan baku, serta pajak CO2 yang baru dan biaya untuk limbah air. Menemukan solusi atas berbagai tantangan tersebut merupakan faktor penting, dan perusahaan melihat seluruh rantai pasok dalam upaya penghematan biaya.

- Advertisement -

“Solusi Pabrik yang Berkelanjutan” dari Tetra Pak mewujudkan pendekatan yang sistematis dan menyeluruh di seluruh pabrik. Solusi ini dapat diintegrasikan pada tahap manapun untuk memulihkan dan mengurangi konsumsi sumber daya, seperti energi, air, dan bahan kimia.

Optimalisasi sumber daya tersebut, bisa mengurangi biaya operasional jangka panjang serta emisi gas rumah kaca. Di saat yang bersamaan praktik tersebut mendukung standar keberlanjutan yang semakin ketat.

Mewujudkan berbagai optimalisasi yang direncanakan, Tetra Pak akan mendampingi Pelanggan dalam menemukan teknologi maupun solusi integrasi yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Selain itu Pelanggan juga akan diberikan pendampingan terkait bagaimana melakukan pengelolaan untuk pabrik atau fasilitas mereka. Hal tersebut diharapkan bisa menghasilkan rancangan pipa dan diagram instalasi yang dibutuhkan dalam pengelolaan air, energi, dan CIP.

Solusi Pabrik yang Berkelanjutan’ yang ditawarkan memiliki teknologi canggih, beberapa diantaranya:

Sistem nanofiltrasi, yang dikembangkan oleh Tetra Pak, memungkinkan penggunaan kembali cairan pembersih kaustik yang digunakan dalam cleaning-in-place (CIP). Melalui teknologi tersebut, bahan kimia serta air yang digunakan dalam proses pembersihan bisa digunakan kembali di masa mendatang, memungkinkan pemulihan hingga 90% dari total cairan yang dihabiskan.

Reverse Osmosis, yang dikembangkan oleh Tetra Pak, menggunakan teknologi filtrasi membran eksklusif sebagai upaya meningkatkan efisiensi sumber daya di berbagai proses, termasuk pengolahan susu dan daur ulang air.

Tetra Pak juga berkolaborasi dengan mitra teknologi yang inovatif untuk menawarkan solusi tambahan, termasuk di dalamnya:

HighLift heat pump technology, bekerja sama dengan Olvondo Technology A/S, yang dapat diintegrasikan ke dalam operasional pabrik untuk memfasilitasi daur ulang limbah panas untuk menghasilkan uap di seluruh peralatan pabrik, termasuk unit Tetra Pak Direct UHT, pada tekanan hingga 10 bar.

High temperature heat pumps, berkolaborasi dengan Johnson Controls, yang mengolah limbah panas untuk digunakan di tempat lain di pabrik.

Solar thermal collectors, bekerja sama dengan Absolicon, yang memanfaatkan matahari sebagai sumber energi bersih dan terbarukan tanpa batas, untuk menyalurkan air panas dan uap – pada suhu di atas 150 ° C – sehingga cocok untuk aplikasi UHT.

Stefano Vittor, CEO Olvondo Technology A/S, mengatakan, “Dengan penggabungan HighLift heat pump technology kami ke dalam layanan “Solusi Pabrik yang Berkelanjutan”, Tetra Pak berhasil menyediakan solusi yang memiliki dampak luas, yakni pengurangan emisi karbon pada industri makanan dan minuman. Kami sangat senang menjadi bagian dari kolaborasi ini dan memiliki peran dalam perubahan yang didorong oleh Tetra Pak.”

Sementara itu Fredrik Norrbom, Director, Sweden at Johnson Controls System and Service AB, mengatakan, “Sekitar dua pertiga dari penggunaan energi pada industri di masa sekarang ini didorong oleh kebutuhan akan energi panas, yang sebagian besar berasal dari bahan bakar fosil. Pompa pemanas sangat penting untuk meningkatkan efisiensi energi dan menghasilkan pemanasan bersih ketika dikombinasikan dengan listrik terbarukan. Kami bangga berkolaborasi dengan Tetra Pak dalam solusi bangunan pintar yang dapat membantu Pelanggan mencapai target keberlanjutan.”

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Nicole Uvenbeck, Director Factory Sustainable Solutions and OEM Components at Tetra Pak yang mengatakan, “Peluncuran Solusi Pabrik yang Berkelanjutan” ini merupakan tonggak sejarah yang sangat menarik dan signifikan bagi kami di Tetra Pak – terutama tim kami yang telah bekerja keras untuk mendorong batas-batas dampak dan nilai yang dapat diberikan oleh pendekatan semacam ini bagi pelanggan kami.”

“Hingga saat ini, kami berfokus pada optimalisasi mesin dan jalur produksi, dan kami menyadari manfaat yang luar biasa dari penerapan hal tersebut di skala pabrik, memberikan pendekatan yang lebih menyeluruh terhadap optimalisasi. “Solusi Pabrik yang Berkelanjutan” merupakan evolusi dari bidang spesialisasi kami, yang mencakup pemulihan air, energi, dan CIP. Penggabungan semua hal tersebut akan mengubah cara kami mendukung Pelanggan dalam mencapai ambisi keberlanjutan mereka, sekaligus mengurangi biaya operasional”, tambah Nicole Uvenbeck.

Fiona Liebehenz, Vice President Key Components, Plant Solutions and Channel Management at Tetra Pak, mengatakan, “Saya sangat bangga dengan tim ini. Kami tahu bahwa Pelanggan kami merasakan tekanan lebih daripada sebelumnya untuk beroperasi seefisien mungkin dalam hal penggunaan sumber daya. Bagi banyak orang, hal ini merupakan tantangan nyata untuk mengamankan masa depan operasi mereka.” Solusi Pabrik yang Berkelanjutan dari Tetra Pak resmi diluncurkan hari ini, seiring dengan keahlian dan konsultan perusahaan yang tersedia secara global. Tujuan Tetra Pak adalah untuk terus mengembangkan dan memperluas penawaran di berbagai macam bidang industri, sebagai respons atas kebutuhan pelanggan yang terus berkembang.

TENTANG TETRA PAK: Tetra Pak merupakan perusahaan global terkemuka yang bergerak di bidang pemrosesan dan pengemasan makanan dan minuman. Bermitra erat dengan pelanggan dan pemasok, kami menyediakan produk yang aman, inovatif, dan berwawasan lingkungan yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan ratusan juta orang di lebih dari 160 negara di seluruh dunia. Dengan lebih dari 25.000 karyawan secara global, kami percaya akan kepemimpinan industri yang bertanggung jawab dan pola pendekatan usaha yang berkelanjutan.

Komitmen Tetra Pak, “PROTECTS WHAT’S GOOD” mencerminkan visi kami untuk menghadirkan makanan dan minuman yang aman dan tersedia kapanpun, di manapun juga. Informasi lebih lanjut tentang Tetra Pak dapat diakses di www.tetrapak.com

TENTANG TEKNOLOGI OLVONDO: Olvondo Technology adalah spesialis dalam pengembangan pompa panas untuk industri canggih yang dirancang untuk pemulihan energi di industri berat.  Terdepan dalam inovasinya adalah HighLift heat pump, yang menghadirkan teknologi mutakhir yang mengoptimalkan konsumsi energi dengan mengganti bahan bakar fosil dengan limbah panas.  Berkantor pusat di Norwegia, Olvondo Technology memperluas keahliannya secara internasional, membantu industri dalam mencapai target lingkungan mereka.

TENTANG JOHNSON CONTROLS: Di Johnson Controls (NYSE: JCI), kami mentransformasi lingkungan tempat orang tinggal, bekerja, belajar, dan bermain. Sebagai pemimpin global dalam bangunan yang cerdas, sehat, dan berkelanjutan, misi kami adalah menata ulang kinerja bangunan untuk melayani manusia, tempat, dan bumi.   Dengan riwayat inovatif kami yang telah berlangsung selama hampir 140 tahun, kami menghadirkan cetak biru untuk masa depan bagi industri seperti perawatan kesehatan, sekolah, pusat data, bandara, stadion, manufaktur, dan lainnya melalui OpenBlue, penawaran digital kami yang komprehensif. Saat ini, dengan tim global yang terdiri dari 100.000 ahli di lebih dari 150 negara, Johnson Controls menawarkan portofolio terbesar di dunia dalam hal teknologi dan perangkat lunak bangunan serta solusi layanan dari beberapa nama paling tepercaya di industri ini.

TENTANG ABSOLICON SOLAR COLLECTOR AB (PUBL): Absolicon Solar Collector AB (PUBL) didirikan pada tahun 2005 sebagai perusahaan penelitian dan pengembangan teknologi surya. Saat ini, Absolicon merupakan perusahaan publik dengan pengalaman operasional lebih dari sepuluh tahun di seluruh penjuru dunia. Absolicon mengkhususkan diri dalam menyediakan alat untuk transisi dari bahan bakar fosil, menyediakan solusi energi yang menguntungkan, mudah dipasang, dan bebas emisi dengan menggunakan sumber daya panas matahari serta jalur produksi robotik yang lengkap untuk kolektor surya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER