Bersihkan Saluran Air, Sudin SDA Jakpus Terjunkan 985 Petugas

"Kita terjunkan semua petugas yang ada untuk cek lagi mulut-mulut air”

Banjir kembali menerjang Jakarta (dok: TMC Polda Metro Jaya)

MONITOR, Jakarta – Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Pusat (Sudin SDA Jakpus) menerjunkan 985 petugas untuk membersihkan saluran air guna mengantisipasi genangan dan banjir akibat hujan yang mulai mengguyur wilayah DKI Jakarta.

“Melihat efek hujan kemarin yang luar biasa, hari ini kita turunkan 985 petugas untuk melakukan pembersihan saluran-saluran air mengantisipasi genangan,” ungkap Kepala Seksi (Kasie) Pemeliharaan Sudin SDA Jakpus, Glen Santista, kepada wartawan di Jl. Penjernihan I, Jakpus, Selasa (22/9/2020).

Glen mengatakan, meski saluran air sudah sering dibersihkan secara rutin, namun pihaknya tetap menerjunkan petugas untuk memastikan seluruh saluran air yang ada di delapan kecamatan di Jakpus tidak tersumbat.

“Semua kita maksimalkan. Kita terjunkan semua petugas yang ada untuk cek lagi mulut-mulut air, memastikan tidak ada sumbatan, jadi tidak ada genangan,” katanya.

Sekadar informasi, Sudin SDA Jakpus juga melakukan pengecekan terhadap saluran air penghubung (PHB) di Penjernihan. Pada Senin (21/9/2020) malam sempat terjadi genangan di depan TPU Karet Bivak yang saluran airnya terhubung dengan PHB Penjernihan akibat terjadinya hujan berintensitas tinggi di seluruh Jakarta.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan kembali mengguyur beberapa wilayah di Jakarta seperti di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada Selasa (22/9/2020).