Megawati Minta Cakada PDIP Implementasikan Pancasila

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memimpin Rapat Konsolidasi di Banten

MONITOR, Jakarta – Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Sukarnoputri, meminta para calon kepala daerah (cakada) yang diusung partainya di Pilkada Serentak 2020 mengimplementasikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari serta diterapkan dalam kebijakan yang diambil saat nanti terpilih sebagai kepala daerah.

Pesan itu disampaikan Megawati saat memberikan pengarahan kepada para cakada dalam acara pengumuman cakada PDIP gelombang IV yang dilakukan secara daring, Jakarta, Jumat (28/8/2020).

Di hadapan kader dan cakada PDIP, Megawati mengaku khawatir dengan kondisi saat ini, di mana Pancasila kerap hanya menjadi sekadar ide yang tidak membumi. Bahkan, menurut Megawati, Pancasila kerap dilupakan dalam pembangunan bangsa.

“Yang namanya Pancasila itu sepertinya hanya dijadikan hiasan awang-awang, ada dalam konstitusi, pembukaan saja dalam sebuah seremoni yang dilakukan,” ungkapnya.

Kepada para kader dan cakada, Megawati menekankan bahwa Pancasila sebagai ideologi bangsa harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila harus membumi di pikiran dan hati sanubari rakyat.

“Implementasinya itu memang harus disadari, tidak hanya oleh hati, tapi juga oleh pikiran,” ujarnya.