Politikus PKS: Pramuka Miliki Kesempatan Besar dalam Mengedukasi Masyarakat Soal Covid-19

Foto: Boy Rivalino

MONITOR, Jakarta – Pramuka disebut memiliki peluang dan kesempatan yang sangat besar dalam memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang Covid-19.

Hal itu diungkapkan oleh Politikus PKS, Aboe Bakar Alhabsyi, dalam rangka Hari Pramuka ke-59 yang jatuh setiap 14 Agustus.

“Sebagai gerakan yang memiliki gugus depan hingga sekolah-sekolah, Pramuka memiliki kesempatan besar dalam mengedukasi masyarakat soal Covid-19. Disinilah peran strategis Pramuka yang sebaiknya dikerjakan saat ini,” ungkapnya dalam keterangan resmi, Jakarta, Jumat (14/8/2020).

Pria yang akrab disapa Habib itu mengatakan, melalui jejaring dan anggotanya, Gerakan Pramuka akan dapat memberikan pemahaman yang tepat soal Covid-91 kepada masyarakat.

“Sehingga mayarakat tidak akan ketakutan berlebihan, namun juga tetap terus berhati-hati,” katanya.

Habib menyampaikan, peran aktif anggota Pramuka diperlukan untuk membantu kampanye pola hidup sehat, mengajak masyarakat menggunakan masker, mengingatkan masyarakat agar rajin cuci tangan dan meminta mereka agar selalu jaga jarak.

“Dengan demikian, protokol kesehatan di tengah masyarakat akan selalu dijaga dengan baik,” ujarnya.

Habib pun merasa bangga karena dibesarkan di tengah pengkaderan Pramuka saat masih sekolah dulu.

“Oleh karenanya, saya meyakini mereka mampu membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19,” ungkapnya.

“Selamat Hari Pramuka ke-59, teriring harapan semoga gerakan Pramuka akan bisa tetap berkontribusi aktif untuk bangsa di tengah pandemi,” ujar Habib yang juga Anggota Komisi III DPR RI itu.