Jokowi Dukung Bio Farma Produksi Vaksin Covid-19 dalam Jumlah Besar

Presiden Joko Widodo

MONITOR, Jakarta – Badan Usaha Milik Negara (BUMN) produsen Vaksin dan Antisera, Bio Farma, tampaknya sudah siap memproduksi langsung vaksin Covid-19. Terlebih, Presiden Joko Widodo sudah meninjau secara langsung kesiapan Bio Farma pada Selasa, 11 Agustus 2020 kemarin di Kota Bandung.

Diketahui, Bio Farma yang sudah berdiri lebih 100 tahun telah memproduksi aneka vaksin yang telah dikirimkan ke lebih dari 140 negara, baik vaksin polio, difteri, BCG, dan lain-lain.

Saat ini, Bio Farma akan segera memproduksi vaksin Covid-19 untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri apabila nantinya vaksin tersebut telah ditemukan dan telah teruji secara klinis.

Presiden Joko Widodo mengatakan saat ini tim uji klinis dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran tengah melakukan uji klinis tahap ketiga terhadap bakal calon vaksin Covid-19 itu.

“Setelah uji klinis dilakukan dan vaksin dinyatakan siap, maka Bio Farma akan memproduksinya dalam jumlah besar,” ujar Jokowi di lokasi.

Bio Farma saat ini, dikatakan Jokowi, sanggup memproduksi vaksin dalam jumlah 100 juta dosis per tahun. Bahkan pada akhir tahun nanti kapasitasnya ditingkatkan hingga 250 juta dosis per tahun.