Kamis, 28 Maret, 2024

Media Penyiaran Diminta Komitmen Lakukan Literasi Publik

MONITOR, Polewali Mandar – Media Penyiaran menggunakan frekuensi yang merupakan milik publik. Penggunaan frekuensi sebagai ranah publik ini mengharuskan hadirnya komitmen lembaga penyiaran dalam melakukan literasi bagi publik.

Hal tersebut dikemukakan Komisioner KPI Pusat Aswar Hasan dalam paparannya pada Webinar bertajuk “Literasi Media dan Daya Dukung Lembaga Penyiaran Lokal”, yang dilaksanakan Forum Masyarakat Peduli Media (FMPM) bekerjasama dengan Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam (IAI) DDI Polman, Sabtu (25/07/2020) siang.

Menurut Aswar, literasi dalam perspektif media penyiaran itu penting, mengingat sifatnya yang wajib.

“Karena frekuensi yang digunakan itu adalah miliknya publik. Dia dipinjamkan melalui proses administratif melalui KPI atau KPID, sehingga sebenarnya frekuensi yang digunakan oleh media penyiaran adalah sebenarnya bersifat penjaman. Nah, olehnya itu harus digunakan semaksimal mungkin demi kepentingan masyarakat,” jelasnya.

- Advertisement -

Inti dari literasi itu, lanjut Aswar, adalah bagaimana menumbuhkan kesadaran kritis masyarakat.

“Sehingga informasi yang disiarkan oleh media itu dapat dicerna dan dimanfaatkan secara baik bagi kepentingan masyarakat itu sendiri,” ungkapnya.

Wakil Ketua DPRD Sulbar Usman Suhuriah, juga mengungkapkan hal senada. Menurutnya, literasi saat ini memang menjadi kebutuhan, di tengah kondisi yang dihadapi saat ini, di mana terjadi kesimpangsiuran informasi.

“Hakekat dasar dari literasi media itu memang hadir untuk mengedukasi para pendengar atau pembaca di dalam hal-hal apapun yang berkaitan dengan informasi ini,” kata Usman.

Direktur Fajar TV Makassar Muhammad Yusuf AR yang juga tampil sebagai narasumber mengakui, hingga saat ini defenisi literasi media masih lebih dominan sasarannya diarahkan pada pemirsa atau pendengar. Padahal baginya, literasi juga sangat penting bagi pekerja media yang merupakan pihak yang justru bertanggung jawab terhadap produksi medianya.

“Yang harus diedukasi untuk literate terhadap media adalah pekerja media. Kita sudah terlalu lama percaya dan sangat percaya pada media bahwa media adalah sumber informasi seluruhnya baik dan bermanfaat bagi orang lain dan bagi kita,” kata Yusuf.

Padahal, kata dia, kenyataannya tidak seperti itu. Terutama setelah era reformasi, di mana begitu banyak bermunculan pekerja media, dan bahkan media itu sendiri yang menjadi sangat mudah untuk dibuat.

Arah literasi itu sendiri bagi Yusuf AR, terangkum dalam apa yang disebutnya empat “B” atau empat benar atau kebenaran.

“Yang pertama memahami memahami media dengan benar. Kemudian menyikapi media dengan benar, kemudian memihak kepada isi media yang benar. Lalu yang keempat ini ada pada pekerja media, bukan pada pemirsa: memproduksi siaran yang benar dan bermanfaat,” katanya.

Ia menambahkan, pada wilayah produksi siaran ini ada pada pihaknya selaku lembaga penyiaran, dengan cara konsisten dan komitmen pada aturan, yakni aturan UU Penyiaran dan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3/SPS).

Webinar kali ini juga menghadirkan Kepala LPPL Radio Mammis FM Anugrawaty M Sila yang juga menjelaskan peranan lembaga penyiaran publik lokal di daerah dalam mendorong kegiatan literasi. Kegiatan ini dipandu moderator Pegiat Literasi Sulawesi Barat Agung Hidayat Mansur.

“Dari webinar, kita semua sadar bahwa dibutuhkan penguatan kerja literasi media semakin massif baik dari dukungan civil society, pemerintah, KPI, dan khususnya lembaga penyiaran, terutama akan komitmen memperhatikan aspek konten lokal,” kata Ketua FMPM Sulawesi Barat Firdaus Abdullah yang juga sekaligus Komisioner KPID Sulbar Periode 2015-2018 yang mengawali pengantar sebagai pemantik diskusi dalam webinar kali ini.

Dalam kesempatan ini, Ketua Prodi Perbankan Syariah FEBI IAI DDI Polman Rini, SE., Ak., M.Si., CA mengapresiasi kehadiran seluruh peserta dan narasumber dalam kegiatan webinar literasi yang dilaksanakan kali ini.

“Kami berterima kasih dan menyampaikan penghargaan kepada para narasumber, dan juga terima kasih kepada peserta yang telah mengikuti kegiatan kali ini. Semoga, dalam pelaksanaan webinar berikutnya, antusiasme yang sama juga bisa diberikan dalam mensukseskan kegiatan serupa,” tutupnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER