POLITIK

Ingatkan Netralitas ASN di Pilkada, Perludem: Waspadai Politisasi Bansos!

MONITOR, Tangerang Selatan – Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Titi Anggraini, mengingatkan agar elemen masyarakat berhati-hati terhadap potensi praktik politisasi bantuan sosial (bansos) dalam menghadapi Pilkada 2020.

Menurut Titi, hal ini menjadi tantangan terberat terlebih penyelenggaraan pilkada berada di masa pandemi. Ia pun menjelaskan, program pemulihan dampak Covid-19 ini bisa dilakukan oleh siapapun termasuk ASN.

“Lalu tantangannya juga akan semakin berat di masa pandemi ini, apalagi banyak program penanganan Covid-19 memicu praktik politisasi bansos dan program pemulihan dampak Covid-19 oleh aktor politik yang berkompetisi. Politisasi program Covid-19 ini kemungkinan besar akan melibatkan ASN daerah,” ujar Titi Anggraini dalam diskusi bertajuk Netralitas ASN di Pilkada Tangsel, belum lama ini.

Menyinggung penyelenggaraan Pilkada Tangsel, Titi pun kembali mengingatkan agar masyarakat belajar dari Pilkada 2010 silam, dimana Pilkada diputuskan untuk digelar kembali karena memicu potensi kerawanan.

“Kita harus mewaspadai netralitas ASN, kita harus belajar dari Pilkada 2010 terdahulu yang menjadi pemicu dan diputuskannya Pilkada ulang. Kalau bicara titik rawan maka netralitas birokratis jadi fokus kita didalam pengawasan dan pemantauan. Maka konektifitas gerakan kita akan dipastikan dalam memantau potensi kerawanan tersebut,” imbuhnya.

Recent Posts

Pelatih Indra Sjafri Panggil 37 Pemain untuk Ikuti TC Tim U-20 di Jakarta

MONITOR, Jakarta - Tim U-20 Indonesia kembali menjalani pemusatan latihan (TC) di Jakarta mulai Minggu…

1 jam yang lalu

Menag Lantik Rektor IAIN Takengon dan IAIN Sorong

MONITOR, Jakarta - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas hari ini, Senin (29/04/2024)melantik Rektor Institut Agama…

3 jam yang lalu

Local Hero Pertamina Group Sabet 8 Penghargaan Kementerian LHK 2024

MONITOR, Jakarta – Pertamina Group berhasil memboyong 8 penghargaan pada ajang Festival Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan…

4 jam yang lalu

KORNAS PJN Gelar Doa Bersama Pasca Penetapan Prabowo-Gibran oleh KPU

MONITOR, Pemalang - Koordinator Nasional Pergerakan Jiwa Nusantara (KORNAS PJN) menggelar acara doa bersama dan…

5 jam yang lalu

Wacana Kenaikan Tarif KRL Ancam Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Berpenghasilan Rendah

MONITOR, Jakarta - Wacana kenaikan tarif Commuter Line oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan menempatkan masyarakat Jabodetabek pada tantangan…

5 jam yang lalu

Kemenpora Dukung Gelar Nobar Timnas Indonesia U-23, Tapi Tidak Boleh Dikomersilkan

MONITOR, Jakarta - Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) merespons soal isu pelarangan…

6 jam yang lalu