Jumat, 26 April, 2024

Apresiasi Peran Dokter dan Tenaga Medis, Fraksi Demokrat Beri Bantuan ke IDI

MONITOR, Jakarta – Ketua Fraksi Partai Demokrat (FPD) DPR, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas), mengapresiasi peran dokter, tenaga medis, dan relawan dalam penanganan pandemi Covid-19. Ia berharap agar pemerintah segera mempercepat serapan anggaran kesehatan serta memaksimalkan distribusi peralatan kesehatan yang dibutuhkan para tenaga medis.

“Saya menaruh hormat yang luar biasa kepada para dokter ‘pahlawan tanpa tanda jasa’ yang berada di garis terdepan, dibantu oleh para perawat dan tim medis atas upaya-upaya untuk memastikan sukses penanganan kesehatan dan keselamatan masyarakat,” kata Ibas dalam keterangan tertulisnya, dimuat Senin (13/7).

Ibas berpandangan, distribusi peralatan kesehatan perlu menjadi perhatian serius. Ibas juga menyatakan FPD berkomitmen mengawal setiap kebijakan penanganan Covid-19 dari pemerintah.

“Kami merasakan keprihatinan tenaga medis. Bagaikan tentara di garis perbatasan yang hendak berperang, tetapi tidak dibekali dengan senjata,” ujar Anggota Komisi VI DPR RI itu.

- Advertisement -

Sebelumnya, FPD telah memberikan 600 paket alat pelindung diri (APD) untuk Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Ibas menyerahkan secara simbolis bantuan itu kepada Ketua Umum Pengurus Besar IDI, Daeng M Faqih di Ruang FPD, Gedung Nusantara I DPR, Jakarta, Jumat (10/7). Ibas didampingi anggota DPR dari FPD, Marwan Cik Hasan, Dede Yusuf dan Aliyah Mustika.

“Alhamdulillah walaupun sedikit, tidak sebesar pertolongan yang memang dibutuhkan Tanah Air. Kami menggalang support (dukungan) dari internal kader, anggota FPD dan dari jejaring lainnya yang kemudian kita menyerahkan bantuan-bantuan secara langsung dan secara nasional,” ungkap wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) Jawa Timur (Jatim) VII saat audiensi dengan IDI.

Pada kesempatan itu juga, Ibas menjelaskan bantuan dalam rangka penanganan Covid-10 bukan pertama kali dilakukan FPD. Ibas menuturkan FPD dan jajaran Partai Demokrat (PD) di pusat dan daerah, sudah bergerak sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

Dikatakannya, PD melakukan Gerakan Nasional Demokrat Lawan Corona serta Gerakan Nasional Demokrat Peduli dan Berbagi.

Bantuan yang sudah diberikan antara lain seperti APD, masker medis, masker kain, mikro ventilator, sarung tangan, wastafel portable, vitamin, penyemprotan disinfektan, hand sanitizer, sabun cuci tangan, hingga uang tunai dan paket sembako. Menurut Ibas apabila dikonversi, nilainya mencapai sekitar di atas Rp220 miliar.

“Prinsip kami, orang yang kuat membela dirinya sendiri, tetapi orang kuat yang lebih kuat membela orang lain,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER