Sabtu, 24 Februari, 2024

Dokter Terawan Diberhentikan dari Keanggotaan IDI, Benarkah?

MONITOR, Jakarta – Kabar mengejutkan datang dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dikabarkan diberhentikan dari keanggotaan IDI. Pemberhentian terhadap Terawan ini disebut merujuk keputusan Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) IDI.

Kabar pecatan mantan Menteri Kesehatan itu mencuat setelah akun twitter @blogdokter yang menuliskan perihal pemecatan tersebut.

“BREKING: Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) PB IDI secara resmi memecat Prof Dr dr Terawan Agus Supranto SpRad (K) sebagai anggota IDI secara permanen,” demikian tulis @blogdoker dikutip pada Sabtu (26/3/2022).

Kabar pemberhentian Terawan juga dupertegas oleh epidomiolog Pandu Riono dalam video di akun media sosial Instagramnya @pandu.riono. Dalam video itu, tampak beberapa pria duduk mengenakan jas berwarna hijau.

- Advertisement -

Kemudian, salah seorang di antaranya sembari duduk membacakan pemberhentian Terawan dari keanggotaan IDI.

“Memutuskan, menetapkan, pertama, meneruskan hasil keputusan rapat sidang khusus MKEK yang memutuskan pemberhentian permanen sejawat dr Terawan Agus Putranto, SpRad(K) sebagai anggota IDI,” demikian putusan yang dibacakan.

Keputusan pemberhentian Terawan itu akan dilaksanakan IDI selambat-lambatnya 28 hari.

“Kedua, ketetapan ini tersebut dilaksanakan oleh Pengurus Besar (PB) IDI selambat-lambatnya 28 hari kerja. ketiga, ketetapan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan,” demikian tambahan isi putusan tersebut.

Dalam unggahannya, Pandu Riono mengatakan Terawan diberhentikan secara permanen dari keanggotaan IDI. Keputusan itu disebutnya final.

“Keputusan final masih dalam sidang khusus Muktamar. Itu rekomendasi dari MKEK Pusat pada Ketua Umum @PBIDI dan akan diputuskan pada sidang khusus Muktamar IDI XXXI,” tulis Pandu.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER