Aparat Ingatkan Warga Ibu Kota Tak Lakukan Takbir Keliling

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat mengikuti takbir keliling

MONITOR, Jakarta – Warga Ibu Kota diimbau untuk tak melakukan kegiatan takbiran dimalam hari raya Idul Fitri. Imbauan itu dilakukan lantaran saat ini Pemprov DKI sedang melakukan pemberlakuan perpanjangan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap tiga.

“Jangankan takbiran, Salat Ied saja ditiadakan dan di rumah saja,”ujar Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (22/5).

Yusri mengatakan, saat ini polisi telah turun ke masyarakat memberikan imbauan agar tidak melaksanakan kegiatan malam takbiran.

Widget Situasi Terkini COVID-19

Semua Babinsa di wilayah semua sudah turun sampaikan ke desa desa (tidak boleh takbiran) dan sampai sekarang tidak ada yang mengajukan (menyelenggarakan takbiran),” tuturnya.

Yusri menegaskan, pihaknya tidak akan sungkan untuk menghentikan kegiatan malam takbiran jika tetap ditemukan di lapangan. Namun ia menekankan penghentian itu dilakukan secara persuasif.

“Kalau mereka tetap mau melaksanakan itu kan kita punya tiga pilar ini, Babinsa, Bhabinkamtibmas, nanti akan datang kesana, secara persuasi humas akan sampaikan sebaiknya jangan,” tandasnya.

Tak hanya itu, Polda Metro sendiri memastikan akan melaksanakan patroli keliling pada saat malam takbiran tersebut. Hal itu dilakukan untuk memastikan situasi aman terkendali.

“Iya kita akan tetap patroli, PSBB kan tetep patroli juga, tim satgas juga patroli, operasi ketupat juga patroli juga sama patroli,”pungkasnya.