Fokus Tayangan Edukatif, Politikus PDIP: TVRI Jangan Dewakan Share dan Rating

Politisi PDI Perjuangan Putra Nababan (dok: Harian Terbit)

MONITOR, Jakarta – Untuk mendukung proses pendidikan dan pembelajaran di tengah pandemi Covid-19 ini, Komisi X DPR RI meminta Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI untuk memaksimalkan fungsi penayangan edukasi.

Anggota Komisi X DPR James Parulian Putra Nababan pun meminta LPP TVRI mengedepankan dampak positif kepada masyarakat daripada mengutamakan share dan rating.

“TVRI sebagai LPP jangan mendewakan share dan rating. Share dan rating di industri itu untuk mendapatkan iklan, TVRI harus mengedepankan dampak untuk masyarakat, sehingga yang menjadi tolak ukur adalah kualitatif,” ujarnya, Senin (27/4).

Selain memikirkan dampak positif, Putra Nababan juga meminta TVRI yang memiliki 387 pemancar perlu melakukan terobosan dan perbaikan teknis terkait jangkauan layanan kepada masyarakat, terutama ke daerah 3T.

“Saya menginginkan adanya terobosan secara teknis untuk wilayah 3T, hal ini agar tayangan wajib pendidikan ini bisa dirasakan oleh masyarakat wilayah 3T, bila perlu harus berinovasi ke streaming,” imbuh Legislator dari Fraksi PDIP ini.

Mantan penyiar berita ini juga berharap, LPP TVRI dapat meneruskan kerja sama dengan Kemendikbud, sehingga kedepanya dapat menjadi saluran pendidikan dan pembelajatan jarak jauh, serta menjadi rujukan dalam penayangan konten edukasi yang menarik bagi masyarakat, khususnya pelajar.