Jumat, 19 April, 2024

Politikus PAN Sesalkan Pernyataan Luhut soal Korban Corona di Indonesia

MONITOR, Jakarta – Anggota Komisi IX DPR Saleh Partaonan Daulay menyayangkan pernyataan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan (LBP), yang terkesan menyederhanakan jumlah korban virus Covid-19 di Indonesia.

Sebelumnya, Luhut menyatakan jumlah kematian di Indonesia relatif lebih sedikit, kurang dari 500 orang, dibandingkan Amerika Serikat yang sudah 22 ribu orang.

“Saya sangat menyayangkan pernyataan LBP yang terkesan menilai bahwa korban virus Corona yang mencapai 500 orang tergolong sangat kecil dibandingkan dengan jumlah 270 juta rakyat Indonesia,” kata Saleh dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Rabu (15/4).

“Pasalnya, konstitusi mengamanatkan agar negara melindungi segenap tumpah darah Indonesia. Tentu saja termasuk dari virus corona yang sedang menyebar di Indonesia,” tegas dia.

- Advertisement -

Ia pun berpandangan, jika pernyataan itu seakan tidak menyisakan empati dan simpati kepada para keluarga korban.

“Belum lagi, ada puluhan dokter dan tenaga medis yang juga meninggal. Kasihan keluarganya jika mendengar pernyataan seperti ini,” sesal wakil ketua Fraksi PAN itu.

Semestinya, imbuh dia, pemerintah berupaya keras mencari jalan yang cepat dan tepat untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Sehingga, pemerintah tidak perlu menyampaikan narasi-narasi yang justru menghilangkan simpati publik. Terlebih, narasi itu bisa jadi menyinggung dan bahkan melukai sebagian orang.

“Pejabat negara harusnya hemat bicara. Karena jika ada yang tidak tepat, sulit untuk meluruskannya,” pungkas anggota dewan dari Dapil Sumut II itu.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER