TB Hasanuddin Usulkan Tim Medis Covid-19 Dianugerahi Bintang Mahaputra

Anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin (dok: istimewa)

MONITOR, Jakarta – Anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin mendorong pemerintah untuk memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada petugas medis yang meninggal dunia saat berjuang sebagai garda terdepan melawan wabah covid-19.

Dalam kesempatannya itu, ia mengusulkan agar tim medis dianugerahi tanda jasa atau kehormatan negara atas pengabdiannya hingga mengorbankan nyawa.

“Saya menilai tim medis ini telah melakukan pengabdian kepada kemanusiaan, jauh melebihi panggilan tugasnya,” kata Hasanuddin melalui pesan elektronik, Minggu (12/4).

Tidak hanya itu, Hasanuddin mengungkapkan, pejuang kesehatan yang terdiri dari dokter dan para medis rela melakukan tugas mulia menyelamatkan pasien covid-19, padahal mereka tahu hal tersebut berisiko kematian. Sehingga, semua tugas, imbuhnya, dilaksanakan dengan ikhlas tanpa adanya penolakan dan pandang bulu.

“Atas pengabdiannya ini rasanya sangat layak dan telah memenuhi syarat , bila negara memberikan tanda kehormatan negara seperti Bintang Mahaputra atau Bintang Jasa Negara, sesuai UU no 20 tahun 2009 tentang gelar, tanda jasa dan kehormatan,” tegas politikus PDI Perjuangan itu.

Ia juga menambahkan, tak muluk-muluk juga bila setelah situasi mereda dan pandemi sudah berlalu, jasad para tim medis yang meninggal dunia ini dipindahkan ke Taman Makam Pahlawan sebagai bentuk kehormatan dari negara.

“Negara juga wajib memberikan santunan yang lebih layak untuk keluarga yang ditinggalkan, selain itu untuk pendidikan putra-putrinya Kemenkes dapat saja memberikan bea siswa,” pungkasnya.