Pimpinan DPR Lantik Rotasi AKD Fraksi PAN dan PDI Perjuangan

Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsudin Menyerahkan Palu Pimpinan Komisi III DPR ke Pangeran Khairul Saleh

MONITOR, Jakarta – Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Politik dan Keamanan, Azis Syamsudin, memimpin rapat pergantian salah satu pimpinan Komisi III DPR dari fraksi Partai Amanat Nasional (PAN). Dimana sebelumnya, Wakil Ketua Komisi Bidang Hukum dan HAM ditempati oleh Mulfachri Harahap kini digantikan Pangeran Khairul Saleh.

“Rotasi alat kelengkapan Dewan (AKD) Fraksi Partai Amanat Nasional (F-PAN) itu tertuang dalam surat bernomor 01.027/K-S/FPAN/DPR RI/III/2020. Surat ‘Penetapan Ketua Komisi III F-PAN DPR RI’ yang dikeluarkan Rabu, 27 Maret 2020,” ungkap Azis, di Ruang Rapat Komisi III DPR, Komplek Parlemen, Senayan, Senin (6/4).

Usai membacakan surat penetapan pimpinan komisi, Azis melanjutkan rapat dengan menyerahkan palu pimpinan kepada Khairul Saleh sebagai simbol disetujuinya keputusan pergantian Pimpinan Komisi III DPR tersebut.

Widget Situasi Terkini COVID-19

Penetapan Pangeran Khairul Saleh dihadiri oleh Ketua Komisi III Herman Heri dan Wakil Komisi III Ahmad Sahroni serta juga dihadiri oleh anggota komisi lainnya secara virtual, lantaran pandemi Corona saat ini.

Tidak hanya itu, pada hari yang sama Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad melakukan rotasi pimpinan badan akuntabilitas keuangan negara (BAKN).

I Gusti Agung Rai Wirajaya ditetapkan sebagai Wakil Ketua BAKN DPR RI Periode 2019-2024 menggantikan Profesor Dr. Hendrawan Supratikno. Penetapan Pimpinan BAKN tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad secara virtual dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.

Dasco mengungkapkan, penetapan pimpinan BAKN tersebut sesuai dengan surat dari Fraksi PDI Perjuangan Nomor 70/F-PDIP/DPR-RI/III/2020 tertanggal 27 Maret 2020 perihal Perubahan Penugasan di Alat Kelengkapan Dewan.

“Atas dasar hal tersebut diatas, maka saya menetapkan saudara I Gusti Agung Rai Wirajaya Nomor Anggota A-234 sebagai Wakil Ketua BAKN DPR RI Periode 2019-2024 dan menggantikan saudara Profesor Dr. Hendrawan Supratikno,” sebut Dasco, Senin (6/4).

Wakil ketua koordinator bidang ekonomi dan keuangan ini menyampaikan, khususnya kepada pimpinan BAKN DPR terpilih selalu diberikan petunjuk dan bimbingan tuhan yang maha esa dalam melaksanakan tugas konstitusionalnya serta dalam memperjuangkan aspirasi rakyat.

“Dengan telah selesainya penetapan pimpinan BAKN DPR, maka selesailah tugas saya memimpin rapat virtual hari ini.

“Atas nama pribadi dan pimpinan dewan, saya mengucapkan selamat kepada saudara-saudara yang dipercaya untuk menjadi Pimpinan BAKN DPR RI,” tutup Dasco.