KitaBisa Bagikan Paket Sembako ke Warga Bekasi Terdampak Corona

MONITOR, Jakarta – Terimbas oleh pandemi virus Corona, sejumlah warga Kota Bekasi, Jawa Barat, yang dikategorikan tidak mampu menerima bantuan sembako dari Kitabisa.com. Bantuan yang digalang para aktivis di media sosial itu, mulai diserahkan Sabtu (4/4/2020).

“Kami menerima bantuan dari relawan, ini mulai kami bagikan ke warga yang kriterianya kurang beruntung dan tidak bisa bekerja karena kantornya ditutup,” kata Sucipto Ketua RT 8/RW 16, Perumahan Taman Jatisari Permai, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Menurut Sucipto, bantuan yang diterima ini adalah tahap pertama sebanyak 53 paket sembako. Jumlah itu akan bertambah dan berjalan secara berkala.

“Bantuan seperti ini sangat bermanfaat dan terasa sekali bagi kami,” tutur Sucipto.

Pandemi Corona, membuka hati berbagai upaya solidaritas antarwarga untuk mengurangi beban ekonomi sebagian warga miskin itu.

Gerakan sipil yang sama kini juga menyasar kelompok profesi di garis terdepan penanggulangan krisis virus corona seperti para pekerja harian.

Solidaritas serupa terus muncul di berbagai media sosial. Adapun di situs penggalangan dana berbasis publik, Kitabisa.com, hingga pertengahan Maret ini sudah muncul belasan gerakan pengumpulan bantuan bertajuk #BersamaLawanCorona.

Penggalangan dana melalui Kitabisa.com itu, mampu mengumpulkan dana hingga Rp 3 Milyar lebih. Jumlah itu itu akan dibagikan secara merata, kepada warga yang membutuhkan. Target utama mereka adalah keluarga ekonomi bawah yang kehilangan pencari nafkah utama akibat virus corona.