Hadapi Corona, Politikus Demokrat Sarankan Jokowi Ikuti Legacy SBY Jaga Kesejahteraan

Anggota Komisi III DPR RI Didik Mukrianto (dok: dpr.go.id)

MONITOR, Jakarta – Wakil Ketua Fraksi Demokrat Didik Mukrianto menyarankan agar pemerintahan Presiden Jokowi meniru program Presiden ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam menghadapi penyebaran virus Corona.

Ia berpandangan, setiap pemimpin perlu menghargai dan meneruskan kebijakan pemimpin sebelumnya yang dinilai baik, dalam menghadapi situasi seperti saat ini. 

 “Presiden Jokowi perlu untuk menauladani legacy SBY, disaat sulit seperti sekarang ini. Termasuk meneruskan dan meningkatkan program pro rakyat SBY,” kata Didik kepada wartawan, di Jakarta, Jumat (27/3).

“Seperti BLT (bantuan langsung tunai), program keluarga harapan dan program rakyat lainnya untuk bantu rakyat yang susah,” tambahnya.

Anggota komisi III DPR ini menilai, wabah corona bukan hanya mengancam jiwa manusia, tetapi juga berdampak terhadap kehidupan sosial dan kesejahteraan masyarakat. 

“Jangankan bicara daya beli, untuk urusan kebutuhan makanpun, mereka membutuhkan uluran tangan dan bantuan dari pemerintah,” paparnya.

Karena itu, Didik meminta pemerintah untuk fokus menjalankan beberapa program dalam menghadapi pendemi corona. 

Pertama, imbuhnya, mengutamakan kepentingan keselamatan rakyat, baik kesehatan maupun kesejahteraan. 

“Kedua, segera menggelontorkan dan meningkatkan BLT, PKH Plus dan program jaminan pengaman sosial lainnya. Ketiga, relaksasi sektor usaha, khususnya kepada UKM yang terdampak,”pungkasnya.