Selasa, 16 April, 2024

Aksi Cekal Corona, Dompet Dhuafa Pasang 1000 Unit Bilik Sterilisasi Se Jabodetabek

MONITOR, Jakarta – Semakin meningkatnya jumlah orang terdampak dari virus Corona (Covid-19) membuat lembaga kemanusiaan, Dompet Dhuafa tergerak untuk cekal (cegah tangkal) Corona (Covid-19).

Selain sterilisasi dengan penyemprotan desinfektan di berbagai fasilitas umum hingga pelosok pemukiman baik di lingkup Jabodetabek maupun seluruh kota besar Se-Indonesia, Dompet Dhuafa terus bergerak dengan inovasi-inovasi dalam cekal corona, yaitu membuat 1000 unit bilik sterilisasi (Body Chamber) yang akan di salurkan ke berbagai fasilitas umum di wilayah Jabodetabek, Selasa ( 24/03/2020).

“1000 unit ini akan di sebar ke seluruh fasilitas umum di Jabodetabek, bilik sterilisasi  (Body Chamber) ini berfungsi untuk sterilisasi secara keseluruhan badan bagi para masyarakat dalam menggunakan fasilitas umum baik moda transportasi maupun pejalan kaki. Semua yang memasuki area fasilitas umum diwajibkan memasuki alat tersebut untuk disterilkan dari kuman, bakteri dan virus yang mungkin menempel. Komposisi cairan antiseptik yang digunakan pada chamber, kandungannya berbeda dengan cairan desinfektan yang disemprotkan ke fasilitas publik. Kalau yang ini kandungannya seperti yang digunakan untuk hand sanitizer, sehingga dijamin aman untuk publik dalam menggunakan bilik sterilisasi (Body Chamber)”, ujar Doni Marlan, General Manager Remo Dompet Dhuafa.

“Pembuatan bilik sterilisasi (Body Chamber) ini diinisiasi atas inovasi rekan-rekan tim Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa yang telah bekerja dan berupaya untuk cekal (Cegah Tangkal) Corona (Covid-19), mereka tidak ada lelahnya memberikan pelayanan kepada masyarakat disaat wabah virus Corona makin meningkat. Selain itu pembuatan bilik sterilisasi (Body Chamber) melihat masyarakat di Jabodetabek masih sebagian untuk melakukan aktivitasnya keluar rumah baik kerja maupun menggunakan fasilitas umum. Tidak hanya bilik sterilisasi (Body Chamber), tim DMC Dompet Dhuafa sejak awal sudah melakukan sterilisasi dengan penyemprotan desinfektan ke seluruh fasilitas umum, baik perkantoran, tempat ibadah, sekolah hingga pemukiman masyarakat di tengah Ibukota”, ujar Atiatul Muqtadir atau yang lebih akrab sapa Fathur ketua BEM UGM.

- Advertisement -

Animo masyarakat maupun donatur sangat tinggi melihat kinerja tim DMC Dompet Dhuafa dalam upaya cekal corona, dengan adanya bilik sterilisasi (Body Chamber) diharapkan masyarakat dapat merawat maupun menjaga alat tersebut selain dapat digunakan dalam jangka lama serta sterilisasi dari virus corona.

Akibat wabah corona di Indonesia mengakibatkan melemahnya ekonomi masyarakat salah satunya pemberdayaan bengkel sepi produksi.

Dompet Dhuafa Menginisiasi pembuatan bilik sterilisasi  membantu memberdayakan bengkel las listrik untuk mendapatkan penghasilan disaat lesunya grafik ekonomi #Disastronomic.

“Polisi merupakan Garda kedepan yang menjaga keamanan masyarakat jakarta. Karena di Jakarta ini merupakan epicentrum dari penyebaran virus Corona melalui pembagian ini akan membunuh penyebaran virus dari luar. Chamber Disifection atau Bilik Sterilisasi ini akan di pasang di pusat keramaian,” Ucap dr. Tirta.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER