Minggu, 28 April, 2024

Gandeng Dompet Dhuafa, PWNA Banten Serentak Tanam 1000 Bibit Mangrove

MONITOR, Pandeglang – Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiyah Provinsi Banten melalui Departemen Kesehatan dan Lingkungan menggelar aksi “Penanaman 1000 Bibit Mangrove, Ahad (17/9/2023) di Pantai Teluk Labuan Pandeglang.

Kegiatan yang bersinergi dengan Dompet Dhuafa ini mendulang apresiasi dari Pemerintah Provinsi Banten. Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Daerah Provinsi Banten, Wawan Gunawan, berharap kegiatan ini dapat menguatkan semangat masyarakat dalam merawat dan menjaga eksistensi hutan mangrove di wilayah masing-masing.

Menurutnya kondisi mangrove berada pada risiko tinggi untuk dihancurkan karena adanya alih fungsi pesisir, eksploitasi dan polusi yang menjadi pendorong hilangnya mangrove. Mengutip data dari Global Mangrove Alliance, bahwa diperkirakan 67 persen hutan bakau telah hilang dan tambah 1 persen hilang setiap tahun.

“Untuk itu, kami sangat mengapresiasi kegiatan positif yang diinisiasi oleh kawan-kawan Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiyah Provinsi Banten dan Dompet Dhuafa pagi ini,” ucap Wawan di lokasi.

- Advertisement -

“Semoga dapat berkelanjutan, insyaallah tidak hanya sebatas seremoni saja sehingga memberikan manfaat lebih bagi ekosistem, lingkungan, wilayah pesisir kabupaten Pandeglang,” lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiyah Provinsi Banten Unaimah Sanaya mengungkapkan bahwa Nasyiatul Aisyiyah yang didominasi perempuan muda tangguh, harus fast respond terhadap permasalah lingkungan sekitar.

Ia menyebut langkah menjaga serta merawat ekosistem laut merupakan bentuk penyelamatan jiwa manusia di masa depan.

“Terimakasih kepada pihak-pihak yang sudah hadir serta turut mensukseskan acara ini, terlebih kepada Dompet Dhuafa, terimakasih sudah memilih serta mempercayai Nasyiatul Aisyiyah Banten sebagai mitra. Harapannya, kerjasama yang baik ini tetap terus terjalin dan bisa memberikan kebermanfaatan yang lebih luas untuk semua,” ucap Unaimah.

Sebagai informasi, penanaman 1000 bibit mangrove ini diikuti oleh ratusan kalangan mulai dari Angkatan Muda Muhammadiyah se Provinsi Banten, para pelajar, tokoh pemuda, tokoh masyarakat setempat dan dihadiri influencer muda yaitu Fathia Irhami.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER