Dampak Corona, Kemendikbud dan DPR Sepakat Ujian Nasional Ditiadakan

Ilustrasi gambar ujian nasional (UN)

MONITOR, Jakarta – Ujian Nasional (UN) mulai tingkat SD hingga SMA tahun ini bakal ditiadakan. Kesepakatan ini sudah final dibicarakan antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Komisi X DPR RI saat rapat bersama melalui video conference pada Senin (23/3/2020) malam.

Salah satu alasan ditiadakannya UN, mengingat situasi nasional saat ini genting atas mewabahnya ancaman virus Corona (Covid-19). Hal ini disampaikan Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda lewat akun Twitter-nya @Syaiful Hooda.

“Daring Meeting: Barusan selesai rapat daring dengan Mendikbud dan jajaran. Salah satu yang kita sepakati Ujian Nasional (UN) SD, SMP, dan SMA ditiadakan,” tulis Huda, tadi malam.

Widget Situasi Terkini COVID-19

Sebelumnya, Politikus PKB ini juga mendesak pemerintah menghapus pelaksanaan UN tahun ini. Tujuannya, tak lain ingin melindungi peserta didik di tengah meluasnya wabah Corona.

Kami mendesak agar pemerintah menghapus pelaksanaan UN tahun ini karena wabah Corona yang kian meluas. Ada ratusan ribu hingga jutaan siswa yang terancam terpapar virus ini jika kita memaksakan agar pelaksanaan UN tetap dilakukan,” ujar Syaiful Huda.