Penasehat Menteri Kelautan Perikanan ajak Masyarakat Tingkatkan Konsumsi Ikan

MONITOR, Cirebon – Koordinator Tim Penasehat Menteri Kelautan dan Perikanan Prof Rokhmin Dahuri mengajak masyarakat Indonesia untuk terus menggalakkan gerakan makan ikan sebagai komoditas konsumsi sehari-hari.

“Nilai gizi ikan sudah tidak diragukan lagi sangat besar manfaatnya bagi kesehatan dan kecerdasan manusia,” ujar guru besar IPB tersebut pada acara GEMARIKAN (Gerakan Makan Ikan Nasional) yang diselenggarakan atas kerjasama KOMARI (Komunitas Maritim Indonesia) dengan Ditjen Peningkatan Daya Saing KKP di Tempat Pelelangan Ikan Baro, Gebang Mekar, Cirebon. Senin (16/3/2020).

Prof Rokhmin menambahkan dengan manfaat gizi yang baik, gerakan makan ikan mendukung visi pemerintah Presiden Jokowi dalam mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul.

“Selain itu peningkatan konsumsi ikan juga dapat memberikan efek domino dalam meningkatkan kesejahteraan nelayan,” tambahnya.

Sebagai informasi, Acara GEMARIKAN dihadiri oleh sekitar 300 nelayan, pengolah ikan, dan pedagang ikan Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Brebes. Hadir pula Ir. Machmud, MSc, Direktur Pemasaran, KKP; Bp. Henry Sutiyoso, Ketum KOMARI; Ibu Yuningsih anggota DPRD Prov. Jabar; Kepala Dinas KP Jabar; Kepalas Dinas KP Kab. Cirebon, dan sejumlah pengusaha perikanan.

Acara juga diisi dengan lomba masak ikan, cerdas cermat seputar ikan, dan penyuluhan ttg cara penanganan ikan hasil tangkapan nelayan yg terbaik (Best Handling Practices).