Mahfud MD ‘Serang’ Susi soal Pelarangan Kapal, Fahri Hamzah Nilai Tak Etis

Menko Polhukam RI Mahfud MD (dok: Tirto)

MONITOR, Jakarta – Sikap Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan HAM (Menko Polhukam), Mahfud MD, disorot lantaran melemparkan kritikan kepada Susi Pudjiastuti atas kebijakannya di masa lampau.

Dimana, Mahfud MD menyebut ada evaluasi kebijakan era Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (2014-2019) terkait pelarangan kapal-kapal tertentu di perairan Natuna.

“Tetapi kan hukum dan peraturan itu selalu mengikuti perkembangan situasi sosial politik dan ekonomi. Mungkin ada beberapa hal kecil perlu di-review dan sekarang itu sudah mulai dilakukan,” kritik Mahfud MD.

Widget Situasi Terkini COVID-19

Adalah Fahri Hamzah, politikus gaek Tanah Air ini menyebut rasanya tak elok jika Mahfud MD menyerang Susi Pusdjiastuti. Bukan tanpa alasan, Fahri menyebut Susi merupakan menteri kepercayaan Joko Widodo di periode sebelumnya.

“Tidak elok menteri pak Jokowi menyerang menteri yang pernah dipercaya oleh presiden yang sama sebab itu seperti menyerang presiden yang sama,” ujar Fahri Hamzah mengomentari hal tersebut, Jumat (13/3).

Eks pimpinan DPR RI ini menyebut, sikap Mahfud MD menunjukkan adanya masalah etik didalamnya sebab kebijakan yang ditelurkan Susi justru mendulang apresiasi di masanya.

“Ada problem etik di dalamnya, karena di masa lalu kebijakan itu pernah dipuji,” pungkasnya.