Gandeng Dinkes Lebak, Lapas Rangkasbitung Cek Suhu Tubuh WBP dan Sosialisasi Pencegahan Corona

Pengecekan suhu tubuh WBP Lapas Kelas III Rangkasbitung oleh Dinkes Kabupaten Lebak, Provinsi Banten

MONITOR, Lebak – Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Rangkasbitung bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak memberikan pengetahuan dan sosialisasi pencegahan virus corona (COVID-19) kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Jumat (06/3).

Kapala Lapas Kelas III Rangkasbitung, budi Ruswanto mengatakan sosialisasi pencegahan virus corona tersebut merupakan sesuai arahan dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia.

“Sesuai arahan Ditjenpas, tim kesehatan kami langsung berkoordinasi dengan dinkes setempat, langkah cepat kami ambil agar seluruh keluarga besar Lapas Rangkasbitung bisa cepat mengetahui informasi terkait virus tersebut secara utuh, dan bisa menjadi pedoman agar kita bisa mencegah penularannya,” kata Budi di Rangkasbitung, Jumat (6/3).

Widget Situasi Terkini COVID-19

Budi melanjutkan untuk menjaga penyebaran virus dan berbagai penyakit lainnya, pihaknya juga telah menyiagakan petugas kebersihan dan menyediakan sejumlah fasilitas kebersihan seperti wastafel untuk mulai membudaykan gerakan cuci tangan biar selalu bersih.

Sosialisasi pencegahan virus corona di Lapas Kelas III Rangkasbitung Kabupaten Lebak

“Terutama bagi WBP yang perlu mengetahui bagaimana dan seperti apa penyakitnya, cara mencegahnya dan dampaknya. Harapannya nanti WBP dan kita semua agar semakin sadar untuk menerapkan pola hidup bersih dan pola hidup sehat,” imbuh Budi.

Sementara itu, Ketua Tim Kesehatan Dinas Kesehatan Lebak dr. Firman Rahmatullah mengatakan sosialisasi pencegahan virus corona tersebut sangat penting dilakukan demi memberikan pengetahuan serta meningkatkan kewaspadaan WBP terhadap ancaman penyakit.

Selain itu, dr. Firman juga meminta semua WBP dan masyarakat Lebak untuk tidak panik dengan kabar merebaknya virus mematikan tersebut.

“Alhamdulillah kami bisa dlhadir disini, virus corona (copid-19) salah satu jenis penyakit menular melalui virus, namun kami mengharapkan kepada WBP disini tidak panik akan merebaknya virus ini, sepanjang kita bisa mengikuti langkah-langkah kesehatan dalam mencegak merebaknya virus ini, insyallah virus ini tidak akan berdampak pada diri kita,” katanya.

Selain itu, dr. Firman melanjutkan dengan masuknya virus corona ke Indonesia masyarakat diharapkan dapat mengambil sisi positifnya. Terutama soal menjaga kesehatan dan kebersihan.

“Kita ambil sisi poisitifnya, kita mulai saat ini menerapkan pola hidup bersih contoh sering mencuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah melakukan aktifitas, rajin berolahraga dan menkonsumsi makanan yang sehat agar tetap bugar dan menerapkan etika jika sedang flue atau batuk. Prinsipnya kita mesti tetap tenang, jangan panik, ikuti petunjuk kesehatan yang ada insyallah kita bisa terhindar” Tutur dr. Firman.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pemeriksaan suhu tubuh kepada seluruh WBP dan Petugas Lapas Kelas III Rangkasbitung.