Minggu, 14 April, 2024

Tingkat Kepuasan Masyarakat Tinggi, IDM: Petahana Berpeluang Pimpin Kembali Kabupaten Marauke

MONITOR, Jakarta – Direktur Eksekutif Indonesia Monitoring Development (IDM), Fahmi Hafel mengatakan bahwa tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan Kabupaten Marauke, Provinsi Papua, terbilang cukup tinggi.

Sehingga, Bupati petahana, Fredrikus Gebze pun dinilai berpeluang kembali memimpin untuk periode berikutnya. 

Hal itu sebagaimana hasil survei yang dilakukan IDM sejak 10-25 Januari 2020 yang bertema ‘Siapa Sosok Bupati yang Diinginkan Masyarakat Merauke’, jelang pelaksanaan Pilkada serentak 2020 nanti.

“Dari hasil survei, yaitu 67,7 persen masyarakat puas dan hanya 32,3 persen yang tidak dan kurang puas,” kata Fahmi dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Kamis (30/1).

- Advertisement -

Survei dilakukan dengan menggunakan metode multistage random sampling. Dimana para surveyor melibatkan 1.135 responden dari 150.110 pemilih pada Pemilu 2019.

Mereka semua merupakan warga Merauke. 
“Mereka sudah punya hak pilih dari 20 distrik di Kabupaten Merauke dengan margin of error lebih kurang sebesar 2,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen,” sebut dia.

Lebih lanjut, imbuh Fahmi, penilaian kinerja ini dipastikan 100 persen dinilai langsung oleh publik mulai dari segmen gender, usia, pendidikan, hingga segmen pendapatannya. Sementara, kata dia, untuk kepuasan di masing-masing distrik hampir keseluruhan tingkat kepuasan pelayanan publik di atas 65 persen dengan nilai variatif mulai 65 hingga 67 persen. 

“Begitupun dengan angka ketidakpuasan kinerja mulai dari 20 hingga 33 persen,” paparnya.

Pun demikian, kata dia, sebanyak 49,9 persen masyarakat tidak puas dengan penanganan masalah ketenagakerjaan, sedangkan yang merasa puas sebanyak 48,5 persen. Kemudian terkait masalah penanganan jalan 47,1 persen masyarakat tidak puas, dan yang puas 52,9 persen.

“Penanganan infrastruktur ini kita harap masih perlu dimaksimalkan karena tingkat ketidakpuasan masyarakat masih tinggi,” pungkas dia.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER