Politisi Demokrat Ini Tegaskan Pemerintah Pusat Fokus Soal Mitigasi Bencana

Anggota Komisi V DPR Irwan Fecho (dok: net)

MONITOR, Jakarta – Anggota Komisi V DPR RI Irwan mengingatkan pemerintah pusat untuk lebih fokus dalam melakukan mitigasi bencana. 

Menurut dia, pemerintah pusat justru cenderung lebih mengutamakan pembenahan infrastruktur yang rusak akibat terjadinya bencana sebagai bagian dari solusi penanganan bencana.

“Seperti dalam peristiwa banjir yang masih saja melanda di berbagai daerah terutama wilayah Jabodetabek dan Banten beberapa waktu lalu, Pemerintah seolah lupa bahwa penanganan bencana terbaik adalah dengan fokus kepada mitigasi bencana, jangan sebatas terlalu fokus dengan penanganan pasca bencana,” kata Irwan kepada wartawan, di Komplek Parlemen, Senayan, Selasa (14/1).

Widget Situasi Terkini COVID-19

Dalam kesempatannya, Irwan juga mengusulkan agar pemerintah pusat mengalokasikan dana khusus ke daerah yang diperuntukan untuk mitigasi bencana.

Karena, sambung Politisi Fraksi Partai Demokrat ini, bagaimanapun Pemerintah Daerah yang lebih mempunyai wilayah dan mempunyai Sumber Daya Manusia (SDM) yang bisa meminimalisir dampak maupun meminimalisir potensi bencana. 

Sehingga jangan sampai, tutur Irwan, dana alokasi hanya terpusat di Pemerintah Pusat.

“Uang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) kita ini harus banyak dialokasikan untuk program-program mitigasi bencana. Termasuk, kajian-kajian meminimalisir dampak bencana, ” pungkas legislator daerah pemilihan (dapil) Kalimantan Timur tersebut.