Gandeng Pemerintah Sukabumi, Jamkrindo Mulai Pemberdayaan Kawasan Ciletuh

Direktur Utama Perum Jamkrindo Randi Anto (tengah) bersama dengan Direktur MSDM, Umum, dan Kepatuhan Perum Jamkrindo Sulis Usdoko (dua kanan) dengan Bupati Sukabumi Marwan Hamami (dua kiri) didampingi oleh Pemenang Putri Pariwisata Indonesia 2019 Clarita Mawarni Salem (kanan) dan Pariwisata Persahabatan 2019 Devi Septiyani Putri (Kiri) berfoto bersama.

MONITOR, Jakarta – Perum Jamkrindo bersama Pemerintah Kabupaten Sukabumi menandatangani kesepakatan bersama tentang peningkatan perekonomian masyarakat berbasis kampanye anti sampa plastik di Ciletuh, Pelabuhanratu Unesco Global Geopark.

Penandatanganan dilakukan di Gedung Jamkrindo, Jakarta, Kamis (28/11) oleh Direktur MSDM, Umum dan Kepatuhan Perum Jamkrindo Sulis Usdoko dengan Bupati Sukabumi Marwan Hamami.

Dengan ditandatanganinya kesepakatan bersama tersebut, maka akan digelar berbagai kegiatan yang dimulai dari peningkatan kesadaran masyarakat mengenai perlunya menangani sampah plastik.

Direktur Utama Perum Jamkrindo, Randi Anto dalam sambutannya menuturkan, kegiatan ini bersifat kolaboratif di kawasan Geopark Ciletuh Pelabuhanratu tersebut akan dilaksanakan selama tiga tahun ke depan dan mendukung Indonesia Bebas Sampah Plastik 2025 yang dicanangkan oleh Pemerintah.

“Kami sudah melaksanakan berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat di berbagai daerah, bahkan ke daerah-daerah yang cukup jauh di luar Jawa. Sebagai bentuk partisipasi kami terhadap upaya-upaya pencapaian target tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG’s), kami memulai kegiatan di kawasan Geopark Ciletuh Pelabuhanratu,”ujar Randi Anto.

Dijelaskan, pemilihan kawasan Geopark Ciletuh Pelabuhanratu lantaran kawasan tersebut memiliki potensi yang cukup besar, tetapi memerlukan kolaborasi banyak pihak untuk mengembangkannya.

Kampanye anti sampah plasitik pun dipilih sebagai tema awal karena Kawasan Geopark Ciletuh Pelabuhanratu menghadapi persoalan belum terkelolanya sampah plastik.

Bupati Sukabumi Marwan Hamami dalam kesempatan yang sama menuturkan, dengan kesepakatan bersama ini, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada Perumjamkrindo. Ia meyakini kesepakatan bersama ini akan menjadi langkah strategis untuk memajukan kawasan Geopark Ciletuh Pelabuhanratu.

“Kami mengucapkan terima kasih karena Perum Jamkrindu ikut berpartisipasi dalam pengembangan kawasan Geopark Ciletuh Pelabuhanratu. Semoga kerja sama ini akan memberi hasil positif bagi masuarakat,” tuturnya.

Sebagai informasi, setelah penandatanganan kesepakatan bersama tersebut, rencananya berbagai kegiatan akan digelar di kawasan Geopark Ciletuh Pelabuhanratu. Kegiatan yang dirancang oleh Perum Jamkrindo dan Pemerintah Kabupaten Sukabumi akan bersifat pemberdayaan, bukan pemberian cuma-cuma.