Jumat, 19 April, 2024

Bertemu Parlemen Korsel, Puan Maharani Bahas Situasi Semenanjung Korea

MONITOR, Jakarta – Ketua DPR RI Puan Maharani menggelar pertemuan dengan Ketua Parlemen Korea Selatan Moon Hee Sang di sela-sela pertemuan forum ketua-ketua Parlemen G20 di Tokyo, Jepang.

Dalam pertemuan kedua pimpinan Parlemen itu, Indonesia selalu memperhatikan perkembangan situasi di Semenanjung Korea, termasuk upaya proses denuklirisasi di kawasan tersebut.

Politisi PDI-Perjuangan itu memastikan, posisi Indonesia selalu konsisten, bahwa ingin melihat Semenanjung Korea menjadi wilayah aman dan damai.

“Harapan kami agar berbagai pihak yang memiliki inisiatif, termasuk Republik Korea Selatan berhasil menciptakan Semenanjung Korea yang stabil dan damai,” kata Puan, di Tokyo, Jepang, Selasa (5/11).

- Advertisement -

Tidak hanya itu, Puan juga menyampaikan kerja sama Parlemen Korsel dan RI selama ini sangat aktif melalui Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB). Kepada Ketua DPR Korsel, Puan meminta kerja sama lebih erat terutama di sektor ekonomi.

“DPR RI mendukung upaya pemerintah mewujudkan iklim investasi yang kondusif dan kompetitif,” Mantan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan

DPR RI, lanjut Puan, juga ingin Pemerintah kedua negara mengoptimalkan Pusat Kerja Sama Infrastrukur Korea – Indonesia. “Agar realisasi investasi Korsel di bidang infrastruktur dalam skema public private partnership di Indonesia meningkat,” tuturnya.

Selain membahas kerja sama bidang ekonomi, pertemuan Puan dan Ketua DPR Korsel Moon Hee Sang juga membicarakan peningkatan skill Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia.

“Kita mendorong kerja sama vokasi dan internship dengan melibatkan perusahaan Korsel,” pungkas legislator dapil Jawa Tengah V itu.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER