Paket Capim KPK Ini Akan Dipilih?, Ini Kata Komisi III DPR

19
Politikus PDI Perjuangan Masinton Pasaribu dalam sebuah diskusi (dok: Rangga Monitor)

MONITOR, Jakarta – Beredar rumor bahwa kompsisi calon pimpinan (Capim) KPK yang menjalankan uji kelayakan dan kepatutan di hari kedua, merupakan paket yang akan dipilih komisi III DPR RI malam nanti.

Menanggapi hal itu, Anggota Komisi III DPR RI Masinton Pasaribu enggan mengamini terkait rumor yang beredar dikalangan wartawan tersebut.

“Belum (diputuskan), diantara beberapa nama ini akan disepakati, iya,” kata Masinton saat ditanya usai menjadi pembicara diskusi, di Komplek Parlemen, Senayan, Kamis (12/9).

Untuk diketahui, pada hari kedua uji kelayakan dan kepatutan diikuti lima Capim KPK, yakni, Alexander Marwata, Johanis Tanak, Luthfi Jayadi Kurniawan, Firli Bahuri, dan Roby Arya.

Ketika ditanyakan detail kembali, apakah sosok Capim KPK Firli Bahuri merupakan salah satu kandidat yang akan dipilih oleh komisi bidang hukum?. Legislator dari fraksi PDIP itu masih enggan mengiyakan pertanyaan tersebut.

Masinton hanya menjelaskan, jika sosok jenderal bintang dua yang menjabat sebagai Kapolda Sumatera Selatan itu memiliki prestasi yang cukup mempuni dalam karirnya selama ini.

“Kan belum kita uji, tapi kalau dilihat dari rekam jejak beliau, selama di kepolisian, di KPK (Deputi bidang Penindakan), dan kemarin sebagai Kapolda, bagus,” sebut dia.

Sebelumnya, Firli Bahuri sempat keceplosan kepada awak media ketika ditanyakan mengenai sikapnya terhadap revisi Undang-Undang tentang KPK.

Firli ketika itu mengatakan bahwa dirinya baru akan menjawab ketika sudah menjadi ketua KPK nanti, apakah hal itu sebagai sinyal kuat?

“Kita akan lihat saja nanti, kan sedang diuji sekarang,” tandas Masinton.