Wiranto Sebut Konflik Papua Ditunggangi Oknum, Gerindra: Jangan Tebar Tuduhan

Koordinator Jubir BPN Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak

MONITOR, Jakarta – Statemen yang dilontarkan Menko Polhukam Wiranto mengenai adanya oknum “penumpang gelap” dalam gejolak kerusuhan Papua belakangan ini menuai kritikan dari Politikus Gerindra Dahnil Anzar Simanjuntak.

Jubir Prabowo Subianto ini mengatakan, pernyataan Wiranto tidak akan meneduhkan situasi Papua, justru sebaliknya, Dahnil mengatakan hal itu akan memperkeruh suasana pasca terjadinya kerusuhan.

“Mohon maaf dengan segala hormat, statement Pak Wir (Wiranto) justru memperkeruh suasana,” kata Dahnil Anzar dalam laman tertulisnya di Twitter, Senin (2/9/2019).

Aktivis Muhammadiyah ini menyarankan, Wiranto sebaiknya langsung menangkap oknum “penunggang” kerusuhan Papua, bukan menuduh dan mencurigai pihak-pihak lain atas masalah ini.

“Bila ada yang menunggangi tangkap saja Pak Wir, jangan kemudian menebar tuduhan,” imbuh Dahnil.

“Ini saat kita bergandengan tangan saling tolong menolong apapun sikap politiknya, demi kepentingan NKRI,” tambahnya.

Diketahui, sebelumnya Menko Polhukam Wiranto menyebut ada segelintir pihak yang berupaya untuk mencari keuntungan dibalik kerusuhan Papua saat ini. Ia menyebut, ada pihak-pihak yang diduga menunggangi, mengompori, hingga memprovokasi masyarakat agar tercipta kekacauan.