Kamis, 28 Maret, 2024

Komisi I DPR Berencana Gelar Rapat Gabungan Soal Kondisi Papua

MONITOR, Jakarta – Komisi I DPR berencana akan menggelar rapat gabungan bersama oleh seluruh mitra kerjannya, yakni Panglima TNI, BIN, dan Kementerian Luar Negeri untuk membahas situasi terkini mengenai konflik yang terjadi di Papua.

Hal itu disampaikan Anggota Komisi I DPR RI Bobby Adhityo Rizaldi dalam rangka menerima informasi secara komperhensif mengenai kondisi daerah paling timur Indonesia itu.

“Kita belum mendapatkan info secara komprehensif mengenai kondisi faktual Papua, oleh karenanya Kamis (5/9) depan Komisi 1 akan rapat bersama panglima TNI, Ka BIN dan Kemenlu untuk rapat,” kata Bobby, di Jakarta, Senin (2/9).

Tidak hanya itu, imbuh Bobby, rapat nanti juga akan membahas terkait dengan kondisi pemulihan di Papua.

- Advertisement -

“Rapat juga akan megusulkan alokasi anggaran khusus terkait dengan pemulihan kondisi di sana, dalam rapat pembahasan APBN 2020,”pungkas politikus Golkar itu.

Aksi demonstrasi berujung kerusuhan terjadi di beberapa derah di Papua dan Papua Barat. Kerusuhan itu menimbulkan kerusakan di sejumlah tempat seperti Sentani, Abepura, Kotaraja, dan Jayapura.

Pengunjuk rasa sempat membakar beberapa bangunan dan pertokoan di daerah itu, seperti Kantor PT Telkomsel dan Kantor Pos Jayapura.

Satu di antara personel TNI yang meninggal bernama Serda Rikson dan lima anggota lainnya mengalami luka akibat terkena anak panah dilarikan ke Rumah Sakit Enarotali untuk mendapat perawatan.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER