Ikuti Imbauan Anies, Demokrat Bagi Ratusan Daging Kurban Pakai Besek

2699
DPD Partai Demokrat Jakarta membagikan ratusan daging kurban (dok: Asep/Monitor)

MONITOR, Jakarta – Imbauan Gubernur Jakarta Anies Baswedan agar pembagian daging kurban tak menggunakan kantong plastik rupanya dipatuhi oleh DPD Partai Demokrat Jakarta. Buktinya saat membagikan daging kurban, DPD Partai Demokrat Jakarta membagikannya dengan besek dari anyaman bambu dan tidak menggunakan kantong kresek.

“Ya, soal pembagian hewan qurban ini kami mengikuti imbauan Pak Anies dengan tidak menggunakan kantong plastik. Untuk wadah daging, kami menggunakan wadah yang ramah lingkungan dengan menggunakan besek anyaman bambu,” ujar Ketua DPD Partai Demokrat Jakarta, Santoso disela-sela acara pembagian hewan kurban di kawasan Jakarta Timur, Senin (12/8 ).

Menurut Santoso, penggunaan besek selain ramah lingkungan, penggunaannya juga sebagai pemberdayaan ekonomi pedagang kecil yang berkreatif membuat besek.

“Para pengrajin besek ini banyak juga di daerah Jakarta Timur ini. Itu kita beli untuk salah satunya meningkatkan penghasilan para pedagang juga yang jumlahnya cukup banyak,” terangnya.

Berbicara soal pemotongan hewan kurban di hari raya Idul Adha, dijelaskan Santoso, merupakan acara yang rutin digelar setiap tahun untuk membantu masyarakat dan meningkatkan kepedulian kader Partai Demokrat untuk saling berbagi.

“Kita melakukan kegiatan ini sebagai bagian kepedulian dari partai Demokrat kepada masyarakat dalam rangka memperingati Idul Adha 1440 Hijriah. Ini kita anggap sebagai momen keagamaan juga kepedulian pada sesama,” ungkapnya.

Acara pembagian hewan kurban tersebut, Santoso melanjutkan digelar serentak di 6 wilah DKI Jakarta. Dia menyebutkan pada hari raya Idul Adha kali ini, partai Demokrat berkurban 9 ekor sapi.

“Setiap DPC Demokrat menyembelih 1 ekor sapi, sementara DPD Demokrat sendiri menyembelih 3 ekor sapi Limosin. ini semua berkat dukungan dan kontribusi dari para kader terutama Pak H. Nahrowi dan Pak Eric Herlambang,” ujarnya.

Santoso menuturkan hewan kurban yang sudah disembelih tersebut langsung diberikan kepada masyarakat serta kader Demokrat.

“Daging kurban tersebut kita berikan kepada 75 orang PPSU, kemudian setelah itu kepada masyarakat sekitar yang tinggal di sekitar DPD. Kemudian struktur partai dan tokoh agama yang ada di sekitar DPD partai,” kata Caleg DPR-RI terpilih tersebut.

Santoso berharap, makna hari raya Idul Adha bisa menumbuhkan kepedulian dari setiap kader Demokrat untuk berbagi kepada sesama.

“Harapan kami adalah ada peran partai di sini, dimana peran itu pasti partisipasinya berasal dari pengurus partaibsalah satunya adalah anggota DPRD. Inilah yang kita lakukan setiap saat. Jadi hikmahnya adalah agar pimpinan partai kemudian anggota partai yang jadi anggota parlemen memiliki kepedulian untuk melaksanakan kegiatan itu,” pungkasnya.