Gagal jadi Poros Maritim Dunia, Eks Relawan Jokowi Salahkan Susi

113
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti,

MONITOR, Jakarta – Mantan relawan Jokowi-Maruf Amin , Faizal Assegaf melalui akun Twitter-nya @Faizalassegaf, menuding Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti telah melakukan pembohongan publik. Menurut dia, akibat ulahnya tersebut membuat Indonesia gagal menjadi poros maritim dunia.

“Santai saja, engga usah panik, kebohongan publik yang dilakukan Susi Pudjiastuti adalah fakta. Makanya gagasan besar Pak @Jokowi utk jadikan NKRI sbg Poros Maritim Dunia gagal diwujutkn. Hari ini sudah ditegaskan pihak istana beberapa hari lalu. Dari situ perlu dibongkar,” tulis Faizal, belum lama ini.

Sebelumnya, kritikan terkait kinerja Kementerian Kelautan dan Perikanan juga disampaikan pihak istana. Kendala leadership (kepemimpinan) dan koordinasi, dinilai menjadi penyebab Indonesia sebagai poros maritim dunia belum terlaksana. Hal itu disampaikan Deputi V Bidang Politik, Hukum, Pertahanan dan Keamanan Staf Presiden RI Jaleswari Pramodhawardani.

“Leadership. Ini penting di pusat dan daerah sehingga saya yakin sering melihat kasus-kasus yang berkaitan dengan kesejahteraan nelayan. Contohnya masalah cantrang,” ujar Jaleswari saat menjadi salah satu pembicara di acara Seminar Nasional bertajuk ‘Prospek Poros Maritim Dunia di Periode Kedua Jokowi’ di Hotel Le Meridien, Jakarta Pusat, Selasa (6/8/2019) lalu.

Ia juga menilai, potensi kelautan Indonesia sangat luar biasa tetapi tidak berbanding lurus dengan ekspor.

Contoh lainnya yang membuat Indonesia gagal menjadi poros maritim dunia adalah gerakan mengkonsumsi ikan yang masih kalah dibandingkan negara-negara lain di dunia.

Faizal yang juga aktivis 98 ini menyebut kalau dirinya sudah memperkirakan adanya kritikan yang disampaikan pihak istana tersebut. Hal itu semakin mempertegas bahwa pembohongan publik yang dilakukan Menteri Kelautan dan Perikanan memang benar ada.

“Sdh saya prediksi, pejabat publik yg lakukan kebohongan publik & perilakunya mirip bajak laut, hanya jago nipu rakyat utk makan lele. Ga tahan dikoreksi lalu kabur dan ngeblok aspirasi rakyat, Pak Presiden @Jokowi tertawa dengan mental lelemu yg berpura2 galak jd bajak laut. Goblok !” kata Faizal.