Aliran Listrik Padam, Fadli Zon: Ciri-ciri Sebuah Negara yang Salah Urus

36
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon (dok: Rangga Monitor)

MONITOR, Jakarta – Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menilai pemadaman aliran listrik yang terjadi di sejumlah wilayah Jakarta, Jawa Barat dan Banten, pada Minggu (4/8) tanpa adanya peringatan dan pemberitahuan sebelumnya merupakan ciri-ciri dari sebuah negara yang salah urus.

Sehingga, kata Fadli, harus ada yang bertanggung jawab atas kasus pemadaman yang telah menimbulkan kerugian bagi di masyarakat, baik secara meterial maupun non material.

“Saya kira apa yang terjadi kemarin (Minggu,red) mati listrik tanpa peringatan tanpa pemberitahuan dan tanpa penjelasan sebelumnya, ini merupakan ciri-ciri dari sebuah negara yang salah urus,” kata Fadli kepada wartawan, di Komplek Parlemen, Senayan, Senin (5/8).

Ia menegaskan bahwa kondisi tersebut tidak bisa dianggap kecil dan biasa saja, bahkan jangan sampai dianggap angin lalu. “Karena itu harus ada yang bertanggung jawab, misalnya Direksi PLN nya atau siapa yang langsung bertanggung jawab mengenai urusan itu harus dimintai pertanggungjawabnya, nggak bisa dianggap satu angin lalu saja, atau seolah-olah ini suatu kecelakaan semata saja,” ujarnya.

Menurut dia, peristiwa kemarin tentunya menjadi perhatian dunia, karena ini mempunyai dampak yang sangat besar dan sangat berbahaya. “Ini juga sangat merusak kredibilitas pemerintah, apa masih sanggup masa urus listrik aja gak becus. Ini kan bukan di jaman 20-30 tahun lalu ketika kita masih bukan negara G20. Mana ada di negara G20 ada mati listrik yang kaya gini, kecuali ada satu yang luar biasa misalnya ada gempa bumi atau ada apa gitu ya yang kecelakaan di luar kontrol,” sebut dia.

“Jadi menurut saya harus ada yang dimintai pertanggungjawaban khususnya BUMN yang menangani listrik ini,” pungkasnya.