Senin, 20 September, 2021

Bersama Gubernur Jateng, PT Nojorono Tanam Mangrove di Pesisir Semarang

MONITOR, Semarang – Dalam rangka berpartisipasi pada kelestarian lingkungan hidup serta menjaga ekosistem di wilayah pesisir dan pantai, PT Nojorono Tobacco International (NTI) melaksanakan kegiatan bertajuk ‘Nojorono Peduli Lingkungan: Konservasi Mangrove’, yakni penanaman mangrove bersama di Desa Mangunharjo, Mangkang, Semarang, Jateng, Jumat (20/7) ini.

Acara tersebut merupakan salah satu program masif perusahaan di bidang Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap lingkungan, yaitu salah satunya pencegahan abrasi dengan menanam mangrove bersama masyarakat, komunitas, instansi pemerintah daerah, dan provinsi. Acara ini semakin mantap dengan hadirnya gubernur jawa tengah, Ganjar Pranowo yang didampingi oleh jajaran direksi PT NTI serta manajemen internal perusahaan dan sejumlah relawan peduli lingkungan.

Aksi Peduli Alam PT Nojorono (Foto: Istimewa)

Presiden Direktur PT NTI, Stefanus J.J Batihalim mengatakan Eskosistem di sekitar pesisir pantai sangat bergantung dengan adanya hutan mangrove. “Jadi sebagai komitmen perusahaan kami untuk tumbuh dan berkembang bersama masyarakat, maka kegiatan ini menjadi langkah nyata kami dalam rangka penyelamatan lingkungan kawasan pantai dan pesisir,” ujar Presiden Direktur PT NTI, Stefanus J.J Batihalim.

Dalam acara penanaman mangrove ini, PT NTI juga bekerjasama dengan pakar dan inisiator tanam mangrove desa mangkang, Sururi, yang sejak tahun 2002 telah menanam, merawat dan menjaga bibit Mangrove akibat abrasi yang terjadi di Desa Mangunharjo. Sampai saat ini, Hutan bakau di kampung Mangkang bisa dimanfaatkan oleh nelayan dan mampu mengembalikan fungsinya sebagai rumah bagi biota laut macam Kepiting, Rajungan, Udang dan ikan laut lainnya.

Aksi Peduli Alam (Foto: Istimewa)
- Advertisement -

Sementara itu,  Ayu Lestari Putri Gani atau biasa dikenal Ayu Gani, pemenang program televisi Asia’s Next Top Model tahun 2015 juga didatangkan sebagai perwakilan peduli lingkungan di kalangan milenial kini yang mengaku senang dan bangga bisa menjadi bagian dalam kegiatan peduli lingkungan Penanaman Mangrove PT NTI dan Pemprov Jateng ini. “Saya senang bisa ikut berpartisipasi menanam bibit mangrove yang ternyata sangat penting untuk kelestarian linkungan,” kata wanita yang kini memiliki lini bisnis mode, GANEGANI & CO.

Disela ceremonial acara ini, Ganjar Pranowo menambahkan dengan makin banyaknya dan meluasnya hutan bakau maka akan meningkatkan perekonomian warga di pesisir pantai dan selalu sadar akan bahaya plastik. “Kita harus selalu peka dengan bahaya sampah plastik dimulai dari diri sendiri, karena kalau bukan dari kita sendiri maka siapa lagi?! Saya sendiri dengan adanya kegiatan mangrove ini juga sekaligus mengajak warga untuk selalu menjaga alam kita, dari apa yaitu mulai dari mengurangi sampah plastik baru selanjutnya pemberdayaan alam lainnya,” tuah Ganjar.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER