Minggu, 28 April, 2024

Lepas 218 Pramuka Jateng Ikuti Jambore Dunia di Korsel, Ganjar: Gelorakan Pesan Damai

MONITOR – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, meminta anggota Pramuka Jawa Tengah turut serta menyebarkan pesan damai kepada seluruh dunia. Hal itu disampaikan Ganjar saat melepas 218 anggota Pramuka Jateng, di Anjungan Jawa Tengah Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Sabtu (29/7/2023) malam.

Ratusan anggota Pramuka Jateng itu akan mengikuti Jambore bersama 50.000 anggota Pramuka seluruh dunia, pada Jambore Dunia ke-25, yang digelar di Sae Man-Geum Korea Selatan, pada 2-12 Agustus 2023. Mereka adalah anggota Pramuka penggalang dan penegak terbaik, dari daerahnya masing-masing.

“Karena di sana nanti teman-teman akan bertemu dengan anggota Pramuka dari seluruh dunia, maka sampaikan pesan damai kepada mereka. Sebab, saat ini banyak sekali keresahan dunia karena situasi tidak menentu,” kata Ganjar memberikan arahan.

Ketua Mabida Jateng itu menambahkan, Pramuka Jateng diharapkan mampu mengajak seluruh anggota Pramuka dunia menjadi agen perdamaian. Semua harus bergotong royong dan bergandeng tangan untuk mewujudkan itu.

- Advertisement -

“Sampaikan pada dunia, bahwa kami tidak suka perang, kami ingin damai, ada kesejahteraan yang mesti diutamakan. Soal pendidikan, kesehatan, dan lainnya. Ajak semua negara saling menghormati satu sama lain,” tegasnya.

Tak hanya soal itu, Ganjar juga menitipkan pesan kepada para anggota Pramuka Jateng agar selalu menjaga kekompakan dan nama baik. Ia juga meminta anggota Pramuka Jateng menyebarkan nilai-nilai kemanusiaan, gotong royong, persahabatan, dan nilai luhur lainnya.

“Jangan lupa juga belajar tentang semangat hidup orang Korea, bagaimana mereka berhasil menjadikan negaranya maju. Kenalkan juga wisata Jawa Tengah, agar banyak di antara mereka bisa datang ke negara kita. Selamat mengikuti Jambore Dunia, saya doakan semuanya sehat dan sukses,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER