Senin, 29 April, 2024

Gubernur Ganjar Dorong Pemimpin Aktif Lakukan Pencegahan Korupsi

MONITOR, Semarang – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menekankan seorang pemimpin harus berintegritas dan menjadi contoh sikap antikorupsi. Sehingga, selain menekan praktik korupsi, pelayanan publik akan maksimal, dan masyarakat terlayani dengan baik.

Hal itu disampaikan Ganjar, seusai menghadiri dan membuka Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Tahun 2023, di Gedung BPSDMD Jateng, Senin (07/08/2023). Ganjar yang mengenakan seragam khaki, menuturkan, ada perbedaan pandangan terhadap pakaian tersebut.

“Kalau kita sendiri, mungkin waktu mau berangkat itu bercermin melihat, wah keren gitu. Tapi kalau seragam ini yang lihat masyarakat, mereka tidak terlalu senang,” kata Ganjar membuat suasana ger-geran.

Fakta ini terjadi di lapangan, karena masih ada masyarakat yang merasa belum terlayani dengan baik. Ganjar mengatakan, ASN sudah sepatutnya bangga sebagai abdi negara, setelah mampu melayani masyarakat secara maksimal.

- Advertisement -

Namun demikian, hal tersebut baru bisa terwujud jika para ASN memiliki pimpinan, yang memberikan contoh sikap integritas dan antikorupsi. Ganjar menuturkan, pimpinan yang masih memikirkan perut sendiri berpotensi munculnya korupsi.

“Begitu mereka bisa menjadi contoh, tentu ada inovasi yang diberikan, ya perbaikan sistem. Perbaikan sistem itu layanan publik kok, mudah-murah-cepat, tuntaskan tugas itu,” tegas Ganjar.

Oleh karena itu di dalam kegiatan tersebut, Gubernur Jateng dua periode itu juga mendorong ada diskusi-diskusi, dan cerita pengalaman buruk di pemerintahannya.

“Sehingga menjadi seorang pemimpin kelak, kemudian mereka memimpin dinas masing-masing atau di kementerian masing-masing, mereka akan paham apa yang mesti dikoreksi, apa yang mesti kita perbaiki, dan itu dimulai dari integritas pimpinan,” katanya.

Ganjar juga mengingatkan pentingnya transparansi administrasi, apabila nilai-nilai tersebut sudah diwujudkan. Dengan begitu, pemimpin bisa memberikan pertanggungjawaban secara tepat dan menyeluruh.

“Administrasinya tinggal dua saja, transparan dan akuntabel. Nilai-nilai itu sederhana, kalau itu dilakukan, sudah dia akan menjadi strong leader, dia punya sikap yang kuat, dan tidak pernah takut,” tegasnya.

Ganjar berharap, semakin banyak pemimpin berkarakter kuat, agar tidak ada lagi korupsi, kolusi, atau pungutan liar (pungli). Dia juga berharap semakin banyak inovasi yang didorong pemimpin masa depan, sebagai pemantik kemajuan bangsa Indonesia.

“Banyak juga kepemimpinan yang bagus, yang mereka bisa lakukan, sehingga layanan masyarakat cepat, negaranya pasti maju,” tandas gubernur.

Dalam kepemimpinannya di Jateng, Ganjar sukses membangun sistem pencegahan korupsi di Jateng, dengan menerapkan kurikulum antikorupsi di sekolah, membangun desa antikorupsi, hingga komitmen menciptakan pemerintahan yang bersih lewat sikap tegasnya kepada ASN.

Selama dua periode kepemimpinannya, Ganjar juga menciptakan berbagai inovasi. Misalnya layanan aduan online LaporGub, menggratiskan biaya pendidikan, menggencarkan reformasi birkorasi, dan program-program lainnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER