Walikota Medellin Kolombia Terang-terangan ingin Belajar dari Jakarta

394

MONITOR, Medellin – Walikota Medellin, Kolombia, Frederico Gutierrez mengaku ingin belajar dan bertukar pengalaman dengan Jakarta. Hal itu diungkapkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat memulai rangkaian acara World Cities Summit Mayors Forum di Medellin, Kolombia, Kamis (11/7) kemarin.

Anies mengatakan, Walikota Gutierrez juga mengungkapkan keinginannya untuk menjajaki berbagai kesempatan kerjasama ke depan dengan Jakarta, utamanya di bidang integrasi transportasi, mobilitas kota, dan pertukaran budaya.⁣

Dalam pertemuan ini, Walikota Gutierrez berbagi kisah tentang transformasi Medellin dari kota dengan tingkat pembunuhan tertinggi di dunia dengan berbagai masalah sosialnya, menjadi kota yang aman, menggeliat secara ekonomi dan hidup dengan kegiatan budaya,” tutur Anies melaporkan hasil pertemuannya.

Anies melanjutkan, perubahan sosial Medellin itu terjadi dimulai dengan perluasan cakupan serta integrasi transportasi publiknya, sehingga rakyat Medellin saling terhubung.⁣

Padahal, Kota Medellin ini terletak di kawasan lembah, dari dataran tinggi di Kolombia. Namun, kota ini terkenal sebagai salah satu hasil utama kawasan pegunungan adalah bunga.

“Keindahan dan keharumannya mewarnai ruangan tempat kita melakukan pertemuan bilateral,” ujar Anies.