Kamis, 25 April, 2024

Presiden Jokowi Sambut Baik Selesainya Ratifikasi Batas ZEE Kedua Negara

MONITOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut baik kerja sama bilateral antara Indonesia dengan Filipina mengalami perkembangan yang sangat baik seiring dengan selesainya proses ratifikasi batas Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) kedua negara.

“Saya menyambut baik selesainya proses ratifikasi Perjanjian batas Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia-Filipina,” kata Presiden ketika mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Filipina Rodrigo R Duterte di sela-sela pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-34 ASEAN, dikutipi laman resmi Kementerian Luar Negeri, Minggu (23/6).

Sementara itu, pertukaran instrumen ratifikasi akan dilakukan oleh kedua menteri luar negeri di Jakarta pada Agustus 2019. Menurut dia, ratifikasi ini akan memberikan kepastian hukum bagi penegakan hukum dan peningkatan kerja sama di bidang maritim.

Masih terkait isu bilateral, presiden juga menyampaikan rencana kalangan swasta Indonesia untuk meningkatkan perdagangan dan investasi di Filipina. Dia pun berharap Presiden Duterte dapat memberikan pengecualian terhadap produk instan kopi dan keramik Indonesia dari price-based special safeguard.

- Advertisement -

Termasuk, dalam pertemuan itu, presiden juga menyinggung mengenai kerja sama Indo-Pasifik. Pihaknya sangat menghargai dukungan dan kontribusi Filipina terhadap pengembangan ASEAN Outlook on Indo-Pacific Cooperation.

Di awal pertemuan, mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Filipina dalam pembebasan sandera Indonesia.
 
“Saya yakin Yang Mulia sepakat, kita terus akan meningkatkan kerja sama keamanan termasuk di Laut Sulu dan sekitarnya,’ pungkas presiden.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER