Pakar Ekonomi Maritim dukung Jokowi kembangkan Industri di Luar Jawa

87

MONITOR, Jakarta – Pakar ekonomi maritim yang juga guru besar fakultas perikanan dan ilmu kelautan IPB, Prof. Rokhmin Dahuri mengatakan periode kedua kepemimpinan Jokowi (jika sudah dinyatakan resmi) harus fokus pada pembangunan dan pengembangan pusat-pusat industri di luar pulau jawa.

“Di periode pertama, pak Jokowi telah membangun konektivitas antar pulau salah satunya mewujudkan tol laut dengan pembangunan pelabuhan dan memperbanyak kapal, membangun bandara serta digital connectivity, tinggal sekarang bagaimana industri di luar pulau jawa dibangun dan dikembangkan sehingga cita-cita mewujudkan pemerataan ekonomi dapat terwujud,” ujarnya saat menjadi narasumber pada acara buka bersama dan diskusi ASPEKSINDO bekerjasama dengan HMPI, KNPI, dan IKAMI Sulsel di kawasan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Sabtu (25/5/2019).

Mantan menteri kelautan dan perikanan itu menambahkan, untuk mewujudkan pembangunan dan pengembangan industri di luar jawa maka semua pihak harus mendukung salah satunya dengan mewujudkan ikllim investasi yang sehat.

“Untuk mewudukan itu, pemerintah dengan segala keterbatasannya harus didukung semua pihak, pemerintah daerah dan swasta dalam hal ini,” katanya.

“Untuk membangun pusat kawasan industri baru ini kan membutuhkan dana besar sedangkan APBN kita sangat terbatas sehingga pemerintah tidak bisa bekerja sendirian, perlu investasi,” tambahnya.

Prof Rokhmin menegaskan, untuk menarik investasi maka dibutuhkan iklim usaha yang sehat, kepastian hukum dan regulasi yang pasti serta tidak ribet, serta situasi politik dalam negeri yang stabil.