Khofifah Bangga Melon Kotak asal Sidoarjo Nilai Jualnya Tinggi

4642
Gubernur Jawa timur Khofifah Indar Parawansa meninjau produksi melon kotak di Sidoarjo (dok: Instagram)

MONITOR, Sidoarjo – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bangga memamerkan melon kotak, kubus dan hati. Umumnya, melon yang ditemukan di pasaran bentuknya adalah bulat atau oval.

Rupanya, melon berbentuk unik itu adalah hasil produksi inovasi UPT Pengembangan Agrobisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur di desa Lebo, kecamatan Sidoarjo, kabupaten Sidoarjo.

“Kalau melon pada umumnya berbentuk bulat dan oval, maka Jawa Timur punya melon berbentuk kotak atau kubus dan hati,” kata Khofifah kepada wartawan, baru-baru ini.

Inovasi sektor pertanian yang mengagumkan itu, dikatakan Khofifah, bisa mendongkrak nilai penjualan produksi melon. Dari informasi yang digali, hasil penjualannya bisa lima kali lebih besar dari harga normalnya.

“Diversifikasi produk ini untuk semakin meningkatkan nilai jual melon, karena bisa terjual lima kali lipat dari harga melon biasa,” tutur Khofifah.

Selain itu, kata Khofifah, tidak ada rekayasa genetik dalam pengembangannya alias alami, sehingga aman untuk dikonsumsi.

“Untuk sementara melon ini baru bisa memenuhi pasar domestik, kedepan Pemprov Jatim akan mengembangkan lebih luas produksinya agar bisa di ekspor ke luar negeri. Sangat cocok bagi petani milenial,” terang mantan Menteri Sosial ini.