Jumat, 29 Maret, 2024

Survei Alvra Research Center: Jokowi-Ma’ruf Unggul di Banten

MONITOR, Serang – Baru-baru ini beredar rilis Lembaga survei Alvara Research Center yang menjelaskan hasil survei terhadap elektabilitas calon presiden dan calon wakil presiden pada Pilpres 2019 di Banten. Hasilnya, pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin unggul atas Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Elektabilitas pasangan nomor 02 itu secara spontan mendapatkan dukungan sebanyak 44 persen sedangkan pasangan nomor urut 02 mendapatkan dukungan sebesar 41 persen.

Alvara research center menggelar survei dari tanggal 3 sampai 12 Maret 2019. Survei memakai sampel sebanyak 3.000 responden seluruh kabupaten dan kota di seluruh Provinsi Banten. Metode yang digunakan adalah multistage random sampling dengan toleransi kesalahan (margin of eror) sebesar 1,72 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Dari segi populasi, yang dijadikan sampel adalah seluruh warga negara Indonesia di Provinsi Banten yang sudah memiliki hak pilih saat pemilihan umum, yakni mereka yang berusia 17 tahun atau sudah menikah pada saat pemilihan umum dilaksanakan. Survei dilakukan dengan metode wawancara face to face atau tatap muka langsung oleh pewawancara yang sudah dilatih sebelumnya.

Menanggapi temuan Alvara Research Center tersebut, Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma’ruf Amin di Banten, Asep Rahmatullah menyambut baik temuan tersebut. Pihaknya mengaku senang sebab kerja keras seluruh relawan dan tim membuahkan hasil maksimal. Menurutnya hal ini semata-mata berkat perjuangan para relawan dan Tim Kampanye Daerah Provinsi Banten yang secara ikhlas membantu pemenangan capres 01.

- Advertisement -

“Data lembaga survei yang beredar belakangan ini merupakan fakta yang sebenarnya terjadi di lapangan. Kita yang bergerak setiap hari di Banten merasakan respons positif dan dukungan masyarakat Banten kepada pasangan 01. Kita yakin pasangan Capres nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin akan menang pada pilpres 2019 khususnya di Provinsi Banten. Apalagi cawapres 01 merupakan asli putra terbaik Banten. Kita, relawan dan tim akan terus bekerja keras agar pada tanggal 17 April nanti pasangan capres 01, Jokowi-Ma’ruf terpilih sebagai presiden dan wakil presiden RI ” jelasnya saat ditemui ditengah persiapan kampanye Jokowi-Ma’ruf di Banten, Jum’at (22/3).

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER