Jumat, 19 April, 2024

Genangan air surut, Jalur Tol Caruban- Madiun Sudah Dapat Dilalui Kendaraan

MONITOR, Madiun – PT Jasamarga Ngawi Kertosono (PT JNK), selaku operator Jalan Tol Ngawi-Kertosono, bekerja sama dengan Kepolisian membuka kembali jalur Tol Caruban-Madiun sejak Jumat (8/3), pukul 02.25 WIB.

AVP Corporate Communication Irra Susiyanti mengatakan, genangan air yang mulai surut dengan ketinggian air diperkirakan 5 cm sehingga dianggap aman untuk dapat dilalui kendaraan.

Sebelumnya, akibat adanya genangan air dari luapan sungai Jeroan, jalur Tol Caruban-Madiun dari Km 603+600 – Km 604+000 sempat terputus selama 24 Jam lebih sehingga harus dilakukan rekayasa lalu lintas dengan pengalihan jalur maupun pemberlakuan sistem contra flow.

“Saat ini, di lokasi bekas genangan air telah dilakukan pengaturan dan pemberian rambu-rambu petunjuk demi keamanan pengguna jalan,” kata Irra di Jakarta, Jumat (8/3).

- Advertisement -

Selain itu, PT JNK juga akan terus melakukan monitoring terhadap ketinggian air pada jalur tol yang di sekitarnya tergenang air dan melakukan pemantauan terhadap cuaca sebagai langkah preventif untuk mengantisipasi kejadian serupa.

Upaya lainnya, PT JNK akan menyiapkan sand bag (kantong pasir) untuk menahan masuknya air kembali ke dalam jalur tol. Ke depan, apabila diperlukan juga akan disiapkan mesin pompa air di titik genangan sebagai upaya agar air lebih cepat surut.

Lebih lanjut Irra mengatakan, melihat kondisi dan laporan cuaca yang diperkirakan curah hujan masih tinggi pada beberapa minggu ke depan, maka ia mengimbau kepada pengguna jalan untuk tetap berhati-hati dan waspada apabila berkendara, terutama pada saat hujan. PT JNK senantiasa berupaya agar pengguna jalan tol dapat berkendara di jalan tol dengan lancar, aman, dan nyaman.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER