Perum Jamkrindo Jamin Kredit Briguna BRI

1031
Direktur Utama Perum Jamkrindo Randi Anto usai melakukan penandatanganan Penjaminan Kredit Briguna

MONITOR, Jakarta – Perum Jamkrindo memperkuat sinergi berkelanjutan dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Sinergi tersebut diwujudkan melalui Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan PT Bringin Sejahtera Makmur (BSM) tentang Penjaminan Kredit Briguna.

Beberapa produk Briguna yang dijamin antara lain Briguna Karya, Briguna Karyawan BRI,Briguna Purna, Briguna Purna Pensiunan BRI, Briguna Umum, Briguna Talangan, Briguna Pendidikan dan Jenis Briguna lainnya.

Perum Jamkrindo bersama dengan PT Asuransi Bringin Sejahtera Artamakmur (BRINs), PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero) dan PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk menjamin risiko kegagalan finansial debitur untuk membayar angsuran kredit diluar pertanggungan jiwa, dengan BRINS sebagai leader.

Direktur Utama Perum Jamkrindo Randi Anto mengatakan BRI merupakan salah satu mitra strategis Perum Jamkrindo sejak lama. Sebelum adanya kerja sama ini, Perum Jamkrindo telah banyak melakukan kerjasama meliputi penjaminan kredit multiguna (Briguna Risiko PHK), kredit mikro (Kupedes Rakyat dan Kupedes Rakyat TKI), kredit Supply Chain Financing (Kredit Mitra), kredit program (KUR), kredit Subsidi Resi Gudang, dan Bank Garansi.

“Kami tentunya sangat antusias dengan adanya kerja sama ini. Kerja sama dengan BSM, sebagai  anak perusahaan Dana Pensiun BRI merupakan milestone peningkatan hubungan yang lebih erat, ” ujar Randi dalam acara penandatanganan PKS Penjaminan Kredit Briguna pada Selasa, 26 Februari 2019.

Lebih jauh Randi Anto berharap kerja sama ini dapat berkontribusi kurang lebih sebesar Rp 12,75 triliun per tahun pada volume penjaminan kredit Perum Jamkrindo. Ke depan ia berharap kerja sama dengan BRI ini bisa diperkuat melalui produk-produk lainnya. “BRI merupakan perbankan yang memiliki beragam produk kredit yang dikerjasamakan dengan Perum Jamkrindo. Kami berharap kerja sama ini dapat diperluas ke depannya dengan produk-produk lainnya,” ujar Randi.

Tentang Perum Jamkrindo

Perusahaan Umum (Perum) Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) adalah badan usaha milik negara yang bergerak di bidang penjaminan dengan produk program dan nonprogam. Produk untuk mendukung program pemerintah adalah penjaminan kredit usaha rakyat (KUR), penjaminan kredit pemilikan rumah (KPR) sejahtera dengan skema fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP), dan penjaminan sistem resi gudang.

Adapun produk non-program adalah penjaminan kredit/pembiayaan umum, penjaminan kredit/pembiayaan mikro, penjaminan kredit/pembiayaan konstruksi dan pengadaan barang/jasa, penjaminan kredit/pembiayaan multiguna, penjaminan distribusi barang, penjaminan bank garansi/kontra garansi, surety bond, penjaminan kredit BPR/BPRS, custom bond, penjaminan keagenan kargo, penjaminan invoice financing, penjaminan skema subsidi resi gudang, dan penjaminan fintech.

Selain itu, Perum Jamkrindo juga melakukan pemeringkatan UMKM. Saat ini, Perum Jamkrindo memiliki jaringan kerja di 9 kantor wilayah, 1 kantor cabang khusus, 56 kantor cabang, dan 16 kantor unit pelayanan (KUP). Dalam hal penerapan tata kelola perusahaan yang baik (GCG), Perum Jamkrindo  meraih predikat dengan kualifikasi sangat baik dan berdasarkan sertifikasi PEFINDO (Credit Rating Agency) berperingkat AA Plus (Double A Plus, Stable Outlook).  Informasi lain mengenai Perum Jamkrindo bisa diakses melalui www.jamkrindo.co.id