Dituduh Bohong soal Data Kebakaran Hutan, ini Kata Jokowi

Presiden Joko Widodo kunjungan kerja ke Pandeglang

MONITOR, Jakarta – Capres petahana Joko Widodo dituduh memberikan narasi kebohongan kepada publik, pada sesi debat Pilpres 2019 tadi malam di Hotel Sultan Jakarta.

Misalnya, soal kebakaran hutan, Jokowi menegaskan, apa yang disampaikannya adalah bahwa pemerintah bisa mengatasi kebakaran hutan dalam tiga tahun ini. Artinya, bukan tidak ada, tetapi turun drastis, 85 persen lebih.

“Artinya, ya sekarang kan enggak ada yang namanya pesawat enggak bisa turun, enggak bisa naik kayak dulu. Keluhan-keluhan di provinsi mengenai asap juga tidak ada, keluhan dari negara tetangga dalam tiga tahun ini, Singapura Malaysia dapat dikatakan enggak ada komplain sama sekali. Itu yang kita maksud,” jelas Jokowi di Pandeglang, Senin (18/2).

Ia menambahkan, ada bencana kebakaran hutan dan lahan, akan tapi turunnya lebih dari 85 persen begitu.

Sementara terkait konflik dalam pembangunan infrastruktur, Jokowi menjelaskan, bahwa konteksnya adalah pembebasan lahan. Ia mengingatkan, banyak infrastruktur yang berhenti delapan tahun, ada yang berhenti 26 tahun karena pembebasan tanah yang terhambat.

“Kalau konflik agraria, sebelum sertifikat lahan itu selesai 80 juta itu ya konflik-konflik itu pasti ada, di semua provinsi ada,” kata Jokowi.